HONDA

Dapatkan Penyaluran Bansos dari Pemerintah untuk Lansia Sebesar Rp600 Ribu, Ini Syarat dan Caranya

Dapatkan Penyaluran Bansos dari Pemerintah untuk Lansia Sebesar Rp600 Ribu, Ini Syarat dan Caranya

Dapatkan Penyaluran Bansos Dari Pemerintah Untuk Lansia Sebesar Rp. 600ribu, Bagaimana Caranya?--Instagram/kominfodiy

BACA JUGA:Hore! Bansos PIP Kemdikbud 2023 Sebesar Rp1 Juta Cair di Bulan Oktober Ini

7. Pilih "Tambah Usulan" untuk memulai proses pendaftaran.

8. Anda akan diminta untuk mengisi rincian informasi pribadi yang mencakup data anggota keluarga.

9. Pilih Jenis Bantuan PKH khusus lansia .

10. Tunggu Verifikasi: Setelah proses pendaftaran selesai, Anda hanya perlu menunggu verifikasi dan validasi oleh pihak yang berwenang.

BACA JUGA:Kendalikan Pandemi, Tingkatkan Vaksinasi dan Penyaluran Bansos

11. Tim yang bertugas akan mengevaluasi data yang Anda berikan sebelum mengonfirmasi kelayakan Anda sebagai penerima manfaat PKH.

Selain melalui pendaftaran online, mendaftar PKH secara offline juga dapat dilakukan melalui perangkat Rukun Tetangga (RT) setempat dan kunjungi Kantor Kepala Desa atau Lurah.

Tentunya disini anda jangan lupa untuk membawa dokumen KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga) yang sah ketika berada di kantor kelurahan nanti mereka akan membantu proses kelayakannya.

Informasi pendaftaran Anda akan disampaikan dari lurah dilanjutkan ke kecamatan. Bagian ini menjadi proses musyawarah desa atau kelurahan dengan verifikasi dan validasi data.

BACA JUGA:Silahkan Cek, Bansos sudah Bisa Dicairkan lewat Pos

Jika proses musyawarah selesai, dinas sosial akan melakukan verifikasi  dan validasi ulang atas data pendaftaran yang telah Anda sampaikan oleh pihak kelurahan dan kecamatan mengenai kelayakan.

Proses ini penting untuk memastikan bahwa bantuan sosial benar-benar dialokasikan kepada lansia yang membutuhkan bansos tersebut. Data akan masuk ke Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial (SIKS).

Data yang telah diverifikasi dimasukkan ke dalam SIKS oleh operator di tingkat desa atau kecamatan. Langkah penting untuk memantau dan melacak penerima manfaat PKH dari kategori lansia.

Penerima manfaat dapat mengecek penerimaan ke https://cekbansos.kemensos.go.id/ segera dengan atau dengan klik aplikasi cek bansos untuk Lansia yang mendapat bantuan Rp600.000 per tahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: