HONDA

Komet Setan Muncul di Bulan Ramadan, Begini Penjelasan dan Jadwalnya, Muncul Setiap 66 Tahun Sekali

Komet Setan Muncul di Bulan Ramadan, Begini Penjelasan dan Jadwalnya, Muncul Setiap 66 Tahun Sekali

Komet Setan Muncul di Bulan Ramadan, Begini Penjelasan dan Jadwalnya, Muncul Setiap 66 Tahun Sekali--Ilustrasi/ fran sinatra/ bing image creator ai/ rakyatbengkulu.disway.id

Jadwal Kemunculan Komet Setan atau 12P/Pons-Brooks

Komet Setan, juga dikenal dengan nama 12P/Holmes-Brooks, adalah komet yang terkenal karena kejelasannya yang luar biasa ketika mendekati Matahari. 

BACA JUGA:Jelang Idul Fitri, Waka II DPRD Provinsi Bengkulu Minta Dishub Provinsi Siapkan Posko Pelayanan

Komet ini terakhir kali terlihat pada tahun 1910 dan kemudian menghilang dari pandangan karena orbitnya yang sangat elips. 

Berdasarkan penjelasan dari Observatorium Bosscha, komet ini dapat diamati kembali mulai awal bulan April 2024. Komet ini diperkirakan akan mendekat ke arah Matahari pada bulan Maret 2024, melewati Andromeda dan Pisces. 

Oleh karena itu, komet setan dapat diamati oleh masyarakat yang berada di belahan Bumi bagian utara. Diperkirakan kemunculannya akan bersamaan dengan hadirnya gerhana matahari total. 

BACA JUGA:Wujudkan Manajemen ASN Profesional, Waka I DPRD Provinsi Bengkulu Samsu Amanah Dukung Penerapan Sistem Merit

Dimana gerhana matahari total diperkirakan akan terjadi 8 April 2024. Adanya dua fenomena astronomi yang akan terjadi pada tanggal 8 April 2024. 

 

Pertama, Gerhana Matahari Total

Menurut informasi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Gerhana Matahari Total akan terjadi pada tanggal tersebut. 

Sayangnya fenomena ini tidak akan melintasi langit Indonesia, sehingga masyarakat Indonesia tidak dapat melihatnya secara langsung. 

BACA JUGA:Pertandingan Voli Spektakuler Timnas Indonesia vs Red Sparks Korea Selatan, Catat Jadwalnya!

 

Kedua, Komet 12P/Pons-Brooks. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: