HONDA

Mitosnya Rumah Tusuk Sate Dianggap Sial dan Mendatangkan Malapetaka, Juga Menyebabkan Pertengkaran

Mitosnya Rumah Tusuk Sate Dianggap Sial dan Mendatangkan Malapetaka, Juga Menyebabkan Pertengkaran

Mitosnya Rumah Tusuk Sate Dianggap Sial dan Mendatangkan Malapetaka, Juga Menyebabkan Pertengkaran--Instagram.com/thecrystalresidenceofficial//

Dalam tradisi Jawa, rumah tusuk sate kerap dianggap sebagai tempat pembawa sial. Banyak makhluk halus yang dipercaya menghuni dan menghantui rumah ini. Hal ini berdampak pada kondisi keluarga yang tinggal di rumah tusuk sate.

Memang masih banyak masyarakat Indonesia yang percaya pada mitos. Mengutip dari buku Difference Between, mitos merupakan cerita yang didasarkan pada kepercayaan yang ada di masyarakat dan sering digunakan untuk menjelaskan hal-hal yang sulit dijelaskan. 

BACA JUGA:Tips Hemat Energi: Cara Kamu Mengatur Kulkas Supaya Tak Boros Listrik

Tidak semua mitos bisa dibuktikan secara logika, namun tentunya semua memiliki latar belakang yang biasanya bisa dijelaskan secara ilmiah dan dengan pola pikir yang lebih luas.

Selain tradisi budaya, beberapa mitos tentang rumah tusuk sate ini bisa dibuktikan benar atau salahnya dan dibahas menurut kajian ilmiah.

 

1. Keluarga penghuni menjadi kurang harmonis

Mitos yang pertama adalah keluarga menjadi tidak harmonis. Lantaran sering terjadi pertengkaran antar anggota keluarga lain yang tinggal di rumah tusuk sate itu. 

BACA JUGA:Update! Pergerakan Penumpang Jelang Lebaran Terus Meningkat, 7.429 Warga Tiba di Bengkulu

Mitos ini mengatakan bahwa keharmonisan keluarga biasanya menjadi kurang harmonis dalam rumah tusuk sate. Penyebabnya tentu saja panas yang terus-menerus muncul di dalam rumah. 

Padahal, jika dilihat secara ilmiah, panas yang ditimbulkan di dalam rumah bisa terjadi karena posisi rumah yang langsung menghadap persimpangan jalan. Apa konsekuensinya? Sinar matahari masuk lebih mudah dan tanpa hambatan.

Menurut penelitian pakar kesehatan dari University of California, cuaca panas membuat emosi seseorang lebih mudah. Jadi itu sebenarnya masuk akal. 

BACA JUGA:10 Cara Mudah Meningkatkan Kecerdasan: Jadi Pintar Tanpa Batas!

Namun hal ini bisa kita hindari dengan menambahkan kanopi agar sinar matahari tidak langsung mengenai dinding rumah. 

Agar udara di dalam rumah tidak panas, kita bisa menggunakan tirai untuk menyejukkan suasana di dalam rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: