HONDA

Benarkah Suku Rejang Berasal dari Sarawak Kalimantan? Simak Ulasannya!

Benarkah Suku Rejang Berasal dari Sarawak Kalimantan? Simak Ulasannya!

Sungai Rejang di Sarawak yang merupakan Salah satu Nadi bagi Masyarakat Pedalaman--Facebook.com/ Borneo

Akan tetapi dibalik jarak pemisah ini tidak memiliki makna kalau Suku Rejang ini asing di Pulau Borneo/Kalimantan, dikarenakan diyakini kalau Suku Rejang Bengkulu ini sebenarnya berasal dari Borneo pada waktu dulunya.  

Berdasarkan Tembo Sejarah Suku Rejang Bengkulu, terdapat beberapa fakta menarik antara lain:

1. Asal Mula Suku Rejang

Diketahui Jang merupakan kata-kata yang asli berasal dari kalimat merejang, Sehingga untuk menyingkat kata - kata ini maka disebutlah dan jadilah ia suku Jang. 

BACA JUGA:Dijuluki Hobbitnya Indonesia, Ini Perbedaan Suku Mante Aceh dan Uhang Pandak Jambi

Adapun arti kata dari Merejang ialah berjalan tidak melalui jalan.

2. Rejang berasal dari Serawak

Berdasarkan Tembo Suku Rejang ini dikatakan, Suku Rejang ini berasal dari Berunai/Serawak pulau Kalimantan, dimana mereka merejang darat, sungai dan juga laut sampai pada akhirnya sampailah mereka pada salah satu kelompoknya di Pulau Sumatera.

Kemudian mereka merejang ke daerah Palembang (selebar daun), ke daerah Bengkulu (Sungai Serut)/ Jang Lebong/ Jang Musai/ jang Tengeak/ Jang Lembak/ Jang Lekiten/ Jang Pesisia.

Terdapat contoh yang membuktikan kalau Suku bangsa Rejang Bengkulu ini berasal dari Serawak yaitu coba anda perhatikan peta Pulau Kalimantan, maka anda akan menemukan sebuah sungai yang memiliki Sungai Rejang.

BACA JUGA:Benarkah Kehidupan Suku Enggano Bengkulu Terlukis dalam Relief di Kuil Hatshepsut Mesir?

Lalu coba perhatikan juga pada saat orang-orang serawak berbicara, bernyanyi beredoi, bergeritan dan lainnya, maka akan banyak sekali ditemukan kata-kata atau kalimat Rejang.

Akan tetapi hal ini bukan berarti Serawak ini berasal dari Rejang namun Suku Rejang lah yang berasal dari Serawak.

3. Daerah yang Awalnya di Tempati oleh Jang Dari Serawak

Berdasarkan dari kelompok - kelompok orang yang merejang dari Serawak, yang akhirnya sampai ke Daerah Rejang yang pada masa dahulu disebut dengan Renah Pelawi yang berasal dari kata Renah yang memiliki arti dataran rendah dan Pelawi yang memiliki arti nama pohon-pohonan atau dengan arti dataran rendah yang banyak ditumbuhi pohon Pelawi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: