HONDA

Buah Maja untuk Pestisida dan Pupuk Alami, Ampuh Usir Serangga

Buah Maja untuk Pestisida dan Pupuk Alami, Ampuh Usir Serangga

Buah maja untuk pupuk dan pestisida alami--Instagram/hkti_samarinda

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Buah Maja yang biasa dikenal dengan Aegle Marmelose nama latinnya bisa digunakan untuk pestisida dan pupuk alami, selain itu juga bagus untuk mengusir serangga.

Buah ini dahulunya menjadi asal mulanya kerajaan Majapahit yang merupakan kerajaan terbesar di Indonesia, namun mitos ini berkembang di masyarakat karena buah ini juga terkenal dengan rasa pahitnya.

Ternyata setelah dilakukan penelitian, buah maja dapat digunakan untuk mengusir serangga karena sifat daging buahnya yang pahit dapat digunakan dalam mengusir serangga yang tidak menyukai rasanya.

Selain itu, buah Maja dapat menjadi pupuk dan pestisida alami untuk tanaman, hal ini sudah dilakukan uji coba oleh Pusdiklat Nasional Serikat Petani Indonesia (SPI) dikutip dalam websitenya terkait penelitian tersebut.

BACA JUGA:5 Majalah Lawas yang Populer pada Masanya, Generasi 70 hingga 90-an Pasti Tahu!

Buah maja diaplikasikan dengan tanaman kacang panjang ternyata tidak kalah sempurna pembuahannya dengan tanaman kacang panjang yang menggunakan pupuk kimia, hal ini terlihat dari diameter dan hasil panennya.

Untuk panen kacang panjang menggunakan pestisida alami dari buah maja ini dapat 3 hingga 4 kali lipat dibandingkan dengan tanaman kacang panjang lainnya yang tidak menggunakan pupuk pestisida dari buah Maja ini.

Selain frekuensi hasil dari tanaman yang bisa berkali-kali lipat dibandingkan dengan tanaman yang tidak menggunakan pupuk alamiah ini, berikut juga tanaman tersebut tidak terkena hama tanaman.

Hama tanaman inilah yang dapat merusak daun dan bunga dari buah yang akan tumbuh dan berkembang, maka dari itu dengan penggunaan pestisida alami ini tanaman tersebut menjadi bebas hama.

BACA JUGA:5 Hal Quality Time Bersama Anak Remaja Agar Hubungan Semakin Dekat, Nomor Satu Paling Penting

Tanaman dengan tidak ada hama dalam tumbuh kembangnya maka produktivitas perkembangan tanaman akan semakin bagus, sehat dan menghasilkan buah yang lebat dan bagus hasilnya.

Untuk itu, diperlukan sekali pada masa emas tanaman diberi pupuk yang benar-benar bisa menjadikan panen tanaman semakin sering dan baik dalam buahnya, misalnya pupuk buah maja tersebut.

Berikut ini untuk membuat pestisida alami dari buah maja berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pusdiklat Nasional SPI yakni:

1. Pilihlah buah Maja yang tidak terlalu tua 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: