HONDA

Penyebab Trombosit Darah Turun dan Manfaat Trombosit untuk Tubuh Manusia yang harus diketahui

Penyebab Trombosit Darah Turun dan Manfaat Trombosit untuk Tubuh Manusia yang harus diketahui

Manfaat trombosit untuk tubuh manusia yang harus diketahui, kenali penyebab trombosit darah turun.--Freepik.com/Kjpargeter

Adapun penyebab dari trombosit turun ini bisa terjadi sementara ataupun dalam jangka waktu yang panjang yang tidak ada batasan waktu yang pasti mengenai keduanya, antara lain:

1. Penyebab Trombosit Turun Sementara

Diketahui penyebab trombosit turun ini bermacam-macam, akan tetapi yang paling umum diketahui yaitu demam berdarah dengue (DBD). 

Tidak hanya DBD, namun infeksi virus lainnya seperti HIV atau hepatitis juga dapat mengakibatkan trombosit turun, selain infeksi virus penyebab trombosit turun yaitu preeklamsia dan sindrom HELLP pada saat hamil, leukemia akut, efek samping obat kemoterapi, efek samping dari radioterapi, dan juga sindrom hemolitik uremik.

2. Penyebab Trombosit Turun Berkepanjangan

Sementara pada trombosit kronis, secara umum disebabkan oleh idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP), dimana ITP ini diduga terjadi diakibatkan oleh sistem kekebalan tubuh keliru menyerang dan mengancurkan trombosit sehingga jumlahnya berkurang.

BACA JUGA:Luar Biasa! Ternyata Ini 8 Manfaat Pare untuk Kesehatan, Salah Satunya Mengatur Gula Darah

Penyebab trombosit rendah yang berkepanjangan atau kronis juga bisa disebabkan oleh kecanduan alkohol di dalam jangka panjang, penyakit liver, sindrom mielodisplasia, penyakit anemia aplastic, penyakit myelofibrosis, kelainan genetik, dan juga thrombotic thrombocytopenic pupura.

Nah itulah tadi penyebab trombosit darah turun dan manfaat trombosit untuk tubuh manusia yang harus diketahui, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: