BANNER KPU
HONDA

Pemkot Bengkulu Siapkan Pencairan Rp17,48 Miliar untuk 1.301 Guru Penerima TPG

Pemkot Bengkulu Siapkan Pencairan Rp17,48 Miliar untuk 1.301 Guru Penerima TPG

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu, Gita Gama Raniputera, mengungkapkan bahwa pengajuan TPG untuk 1.301 guru di Kota Bengkulu sudah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu telah mengajukan pencairan tunjangan profesi guru (TPG) sebesar Rp17,48 miliar untuk 1.301 penerima kepada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bengkulu, Gita Gama Raniputera, mengungkapkan bahwa pengajuan TPG untuk 1.301 guru di Kota Bengkulu sudah mendapat persetujuan dari pemerintah pusat.

Saat ini, pencairan dana tersebut sedang menunggu kelengkapan berkas dari BPKAD sebelum disalurkan ke rekening masing-masing penerima.

"Sebanyak 1.301 penerima TPG sudah diusulkan dan sekarang tahap perlengkapan berkas," kata Gita Gama Raniputera dikutip antaranews.com, Sabtu, 25 Mei 2024.

BACA JUGA:Pekan Depan ASN Bengkulu Utara 'Panen' Duit, Catat Tanggal Pencairan Gaji, THR dan TPG

Ia juga menyatakan bahwa pencairan dana diperkirakan akan selesai dalam waktu satu minggu, sehingga para guru bisa segera menerima hak mereka untuk triwulan pertama.

Pencairan ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2024 tentang hak Aparatur Sipil Negara (ASN), yang mencakup tunjangan profesi berdasarkan besaran gaji pokok.

Dari 1.301 penerima TPG triwulan pertama, 130 di antaranya adalah guru Taman Kanak-Kanak (TK), 597 guru Sekolah Dasar (SD), 558 guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 16 guru pengawas.

Kepala BPKAD Kota Bengkulu, Yudi Susanda, menjelaskan bahwa anggaran untuk TPG sudah masuk ke dalam kas daerah. Pihaknya saat ini menunggu kelengkapan dokumen dari Dikbud Kota Bengkulu untuk mencairkan dana tersebut.

BACA JUGA:TPG Kota Bengkulu Tak Kunjung Cair, Padahal Dana Rp 16.8 Miliar Sudah Lama Mengendap di Kasda

"Estimasi satu minggu para guru sudah bisa menerima hak mereka. Sekarang kami sedang menunggu dokumen pencairan dari pihak Dikbud," kata Yudi.

Dengan langkah ini, Pemkot Bengkulu menunjukkan komitmennya dalam mendukung kesejahteraan para guru dan meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: