BANNER KPU
HONDA

Wow! Telur Ikan Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Mengonsumsinya

Wow! Telur Ikan Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Mengonsumsinya

Wow! Telur Ikan Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Manfaat Mengonsumsinya--Instagram.com/ menu_dapurku

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Ternyata telur ikan juga menyimpan segudang manfaat yang sangat penting untuk kesehatan tubuh.

Telur ikan sering kali ditemui pada hidangan sushi untuk penambah daya tarik hidangan tersebut.

Selain itu, ternyata telur ikan juga dapat  diolah menjadi berbagai macam hidangan yang lezat yaitu seperti gulai telur ikan, pepes telur ikan atau lain sebagainya.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam telur ikan yaitu berbeda-beda, tergantung dengan jenis ikannya, telur ikan yang biasa dikonsumsi yaitu seperti telur ikan salmon, herring, capelin, dan gurame.

Dalam 1 sendok makan 15-30 gram, telur ikan yaitu terkandung sekitar 40 kalori dan juga sangat beragam nutrisi  yaitu sebagai berikut ini:

Kurang dari 1 gram karbohidrat, 2-3 gram lemak, 4-6 gram protein, Lebih dari 100% kebutuhan harian vitamin B12, 80 miligram kolin atau 20% dari kebutuhan harian, 50 miligram magnesium atau 15% dari kebutuhan harian, 10 mikrogram selenium atau 20% dari kebutuhan harian.

BACA JUGA:Tak Cuma Meningkatkan Imunitas Tubuh, Ternyata Ini 11 Manfaat Ikan Mas untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Telur ikan juga kaya akan nutrisi yang sangat penting lainnya, yaitu seperti asam lemak omega-3 dan juga dengan asam amino.

Bahkan, mengonsumsi telur ikan juga diketahui hampir sama seperti dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan yang berkhasiat sangat tinggi.


Telur Ikan Ternyata Sangat Baik untuk Kesehatan--Instagram.com/ nuruladzuani

Melihat dari kandungan nutrisinya yang sangat melimpah, maka tak heran bila telur ikan menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari telur ikan yang telah dirangkum Rakyarbengkulu.com dari berbagai sumber, yaitu sebagai berikut ini:

1. Meningkatkan kesehatan mata

Asam lemak DHA dan EPA sangat penting untuk perkembangan fungsi penglihatan pada bayi, dan juga dapat meningkatkan fungsi retina pada anak-anak dan juga pada orang dewasa.

BACA JUGA:Cegah Pikun hingga Menurunkan Kolesterol, Ini 7 Manfaat Mengonsumsi Ikan Belanak untuk Kesehatan

Terlebih lagi, dengan mendapatkan asupan asam lemak omega-3 yang cukup tentu saja bisa akan menurunkan risiko Anda untuk terkena berbagai penyakit mata, yaitu seperti sindrom mata kering, retinopati diabetik, dan degenerasi makula.

2. Menjaga kesehatan jantung

Telur ikan juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, dimana kandungan asam lemak omega-3 pada telur ikan juga diketahui memiliki peran yang cukup besar di dalam mengurangi proses pembekuan darah.

Yaitu dengan cara melebarkan pembuluh darah, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan juga dapat mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Manfaat-manfaat tersebut tentu dapat mengurangi risiko akan terjadinya hipertensi dan juga aterosklerosis yang merupakan faktor dari risiko utama penyakit jantung.

Tapi, tak hanya itu saja, manfaat tersebut juga berguna untuk meningkatkan kesehatan pada orang yang sudah memiliki riwayat penyakit jantung.

BACA JUGA:8 Manfaat Kesehatan dari Mengonsumsi Petai, Salah Satunya Dipercaya Ampuh Cegah Anemia

3. Meningkatkan kesehatan otak

Salah satu manfaat dari telur ikan yang sayang sangat perlu untuk Anda ketahui adalah telur ikan tentu dapat meningkatkan kesehatan otak dan juga saraf.

Manfaat ini diperoleh dari kandungan asam lemak omega-3, yaitu seperti EPA, DHA, dan DPA, yang sangat melimpah di dalam telur ikan.

Selain itu, ternyata asam lemak omega-3 juga diketahui dapat mendukung untuk perkembangan dan pembentukan otak pada anak.

Serta meredakan gejala depresi dan kecemasan pada orang dewasa, dan juga dapat memperlambat proses penuaan serta penurunan fungsi kognitif pada orang yang lanjut usia.

4. Membantu menurunkan berat badan

Nah, bila Anda ingin menurunkan berat badan, maka sebaiknya konsumsi telur ikan dan makanan yang lainnya dan tinggi protein tentu dapat membantu untuk mempercepat prosesnya.

BACA JUGA:9 Manfaat Buah Langsat untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Yaitu seperti kalori telur ikan juga relatif rendah, sehingga dengan mengonsumsinya secara rutin tidak akan menambah berat badan Anda secara dengan signifikan.

5. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Telur ikan merupakan sumber selenium yang sangat baik, dimana mineral yang satu ini sangat berfungsi sebagai antioksidan yang terbilang sangat mampu untuk melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif akibat radikal bebas yang berlebih.

Kerusakan tersebut bisa terjadi di mana saja, termasuk juga dengan organ dan sel-sel di dalam sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk melawan infeksi.

Selain itu, ternyata selenium juga sangat berperan penting di dalam meningkatkan fungsi kelenjar tiroid dan juga dapat menjaga kesehatan mental Anda.

BACA JUGA:6 Manfaat Buah Kedondong untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Demikianlah tadi penjelasan tentang manfaat dari telur ikan yang sangat baik untuk kesehatan, semoga informasi tadi bermanfaat untuk Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: