HONDA

Mengenal Sosok Wali Songo, Pembawa Cahaya Islam di Tanah Jawa

Mengenal Sosok Wali Songo, Pembawa Cahaya Islam di Tanah Jawa

Mengenal Sosok Wali Songo, Pembawa Cahaya Islam di Tanah Jawa --Instagram/syiarbudayaislam

Sunan Giri yang memiliki nama Raden Paku atau Raden Ainul Yaqin dengan wilayah penyebaran agama Islamnya di daerah Gresik, Jawa Timur.

cara mengembangkan dakwah Islam melalui seni pertunjukan menjadi bagian dari dakwah yang dilakukan olehnya, dia menciptakan tembang-tembang untuk anak-anak yang terkenal dengan judul Asmaradhana dan Pucung.

4. Sunan Bonang

Sunan Bonang merupakan pemilik nama lengkap Maulana Makhdum Ibrahim yang melakukan penyebaran Islam di daerah wilayah Tuban, Jawa Timur.

BACA JUGA:Apa Saja Tantangan dan Hambatan yang Akan Dihadapi Shio Babi di Tahun Ular Kayu 2025? Simak Penjelasannya!

Sunan Bonang melakukan penyebaran wilayah dengan media seni dan juga budaya di wilayah daerah Tuban hingga wilayah Madura dengan kebudayaan dan ajaran Islam.

Seni dan kebudayaan yang dimaksudkan adalah alat musik gamelan Jawa yang ditambahkan dengan Rebab dan Bonang sehingga Tombo Ati merupakan salah satu lagu ciptaannya.

5. Sunan Drajat

Sunan Drajat dengan pemilik nama asli Raden Qosim atau Raden Syarifuddin di mana penyebarannya di daerah Lamongan Jawa Timur yang berfokus pada pendidikan sosial dan juga kepedulian sosial.

Suluk dan tembang pangkur adalah salah satu media yang digunakan oleh Sunan Drajat dalam dakwahnya yang lebih fokus pada prinsip catur piwulang yang mengajarkan makna kebaikan dan pertolongan terhadap sesama.

BACA JUGA:Mulai Berlaku! Pembelian Elpiji 3 Kg di Mukomuko Wajib Pakai KTP, Agar Subsidi Tepat Sasaran

6. Sunan Kalijaga

Sunan Kalijaga merupakan salah satu Sunan yang bernama lengkap Raden Said atau Raden Sahid wilayah penyebarannya di sekitar Jawa Tengah dengan menggunakan media seni dan kebudayaan.

Wayang merupakan salah satu dakwah yang dilakukan oleh Sunan Kalijaga untuk menyebarkan Islam yang menceritakan ajaran-ajaran Islam kepada masyarakat.

7. Sunan Muria

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: