HONDA

Jadi Perdebatan Netizen Dali Wassink Dikremasi Meski Sudah Mualaf, Begini Tanggapan Ustadz Abdul Somad

Jadi Perdebatan Netizen Dali Wassink Dikremasi Meski Sudah Mualaf, Begini Tanggapan Ustadz Abdul Somad

Jadi Perdebatan Netizen Dali Wassink Dikremasi Meski Sudah Mualaf, Begini Tanggapan Ustadz Abdul Somad --Instagram/dramakuin.official

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Beberapa waktu lalu Dali Wassink meninggal dunia akibat dari kecelakaan hingga membuat dirinya dikremasi di Nusa Dua Bali.

Namun, beberapa waktu yang lalu diketahui bahwa Dali Wassink sudah mualaf. Begini tanggapan Ustadz Abdul Somad yang ditanyai oleh jemaahnya. 

Dalam potongan video akun Tik Tok nursaidahnst2311 memposting ceramah yang diberikan oleh Ustadz Abdul Somad mengenai pertanyaan dari jemaah.

Dimana jemaah itu menanyakan kepada Ustadz Abdul Somad, "Bagaimana jika seorang muslim yang mayatnya dibakar sama keluarganya tidak tahu kalau dia sudah muslim?"

BACA JUGA:Manfaatkan Botol Bekas Minuman Kemasan untuk Tanaman Sawi, Begini Prosesnya

Dari pertanyaan tersebut, ini jawaban dan tanggapan dari Ustadz Abdul Somad mengenali hal itu.

"Maka se kampung itu menanggung dosanya, itulah disebutkan dia fardhu kifayah."

Dimana artinya kifayah itu adalah kalau sudah dilaksanakan satu orang maka gugurlah kewajiban seluruh orang, untuk itu dicontohkan oleh Ustadz Abdul Somad mengenai hal tersebut.

"Datang satu orang, saya bersaksi atas nama Allah bahwa saudara kalian ini adalah muslim yang ngaku sama saya mana buktinya ini saya rekam kemarin mandikan, kafankan, kuburan," ujarnya.

Akibat dari kesaksian orang tersebut maka hilanglah kewajiban satu orang tersebut untuk melakukan fardhu kifayah terhadap orang yang sudah meninggal yang nyatanya dia adalah seorang muslim.

BACA JUGA:Ustadzah Liza Azizah Berikan Tausiah Tahun Baru Islam di Rejang Lebong

Namun jika tidak dikerjakan sebagaimana mestinya dalam keadaan Islam maka berdosalah untuk orang-orang yang berada dalam lingkungan tersebut karena tidak mengerjakan fardhu kifayah.

"Kalau tidak dilaksanakan maka satu kota dilaknat oleh Allah subhanahu wa ta'ala hati-hati perhatikan," ungkap dari Ustadz Abdul Somad.

Maka dari itu pentingnya Pengumuman pada saat orang tersebut mualaf.

Tentunya agama bukan hal yang mudah apalagi Islam memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi seorang yang telah bersyahadat sebagai syarat menjadi seorang muslim.

Maka dari itu dikatakan oleh Ustadz Abdul Somad setiap orang yang sudah bersyahadat baiknya memberitahu kepada keluarga ataupun tetangganya mengenai agama yang telah dianutnya tersebut.

BACA JUGA:Ini Pendapat Ustadz Abdul Somad Terkait Gelar Haji

Dikatakan lagi oleh Ustadz Abdul Somad bahwa, "Makanya saya ingat selalu asal sudah bersyahadat mualaf itu dimana tinggal di sini ada tetangganya, kawan, sahabat ada perhatikan masukan dalam catatan mualaf center".

Dalam ceramah lama yang diberikan oleh Ustadz Abdul Somad tersebut yang diposting kembali oleh salah satu content kreator membuat banyak sekali yang mempertanyakan status dari Dali Wassink.

Dimana pada saat pernikahannya dia menggunakan syariat Islam dan juga pengakuan dari sang istri Jennifer Coppen bahwa dia sudah memeluk agama Islam.

Namun sayangnya dijelaskan pada saat larung abu Jennifer Coppen mengatakan bahwa ini semua permintaan terakhir dari sang suami untuk dilakukan kremasi.

BACA JUGA:Viral Thariq Haji Umur 2 Bulan, Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat Tentang Gelar Haji

Inilah yang menjadi perdebatan netizen di dalam postingan kolom komentar di Akun tersebut namun penjelasan dari Ustadz Abdul Somad jelas jika seorang muslim dia harus dilakukan fardhu kifayah yang benar sesuai syariat Islam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: