HONDA

Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Usulkan Anggaran Rp3,8 Miliar untuk Insentif Kader Posyandu

Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Usulkan Anggaran Rp3,8 Miliar untuk Insentif Kader Posyandu

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Bengkulu Nelli Hartati mengatakan, insentif kader Posyandu diusulkan Dinas Kesehatan Kota Bengkulu anggaran Rp3,8 miliar.--ANTARA/Anggi Mayasari

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu telah mengajukan usulan dana sebesar Rp3,8 miliar untuk insentif bagi kader pos pelayanan terpadu (posyandu) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2025.

Usulan anggaran tersebut bertujuan untuk memberikan apresiasi kepada seluruh kader posyandu yang selama ini berperan aktif dalam menjaga kesehatan masyarakat di wilayah tersebut.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Bengkulu, Nelli Hartati, menjelaskan bahwa usulan ini merupakan bagian dari upaya untuk merealisasikan kegiatan integrasi layanan primer (ILP) di Kota Bengkulu.

"Usulan ini adalah langkah konkret untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di masyarakat melalui Posyandu," ungkapnya dikutip antaranews.com, Selasa, 15 Oktober 2024.

BACA JUGA:Ada Peningkatan Signifikan Jumlah Pelamar PPPK di Kabupaten Mukomuko

BACA JUGA:DISUKA Usung Program Rumah untuk Rakyat Bunga 0%, Sukatno: Saatnya Semua Harus Punya Rumah Sendiri

Integrasi Pelayanan Kesehatan Melalui Posyandu

Nelli Hartati menjelaskan bahwa berdasarkan petunjuk teknis yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pelayanan kesehatan harus terintegrasi.

Salah satu wujud nyata dari integrasi tersebut adalah dengan keberadaan posyandu di setiap Rukun Warga (RW) di Kota Bengkulu.

Posyandu diharapkan dapat berfungsi sebagai pusat pemantau kesehatan masyarakat yang efektif.

"Model layanan kesehatan ini perlu didorong dari tingkat RW, dibarengi dengan dukungan pusat kesehatan masyarakat pembantu (pustu) di tingkat kelurahan, serta puskesmas di tingkat kecamatan," ungkap Nelli.

BACA JUGA:Resep Indomie Caksu, Hidangan Nikmat Asal Surabaya yang Bisa Dibuat di Rumah!

BACA JUGA:Resep Martabak Manis Bersarang di Rumah, Cukup Pakai Teflon dan Bahan Sederhana!

Dengan adanya struktur yang jelas dan terintegrasi, diharapkan akan tercipta sistem kesehatan yang lebih baik dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Rincian Usulan Anggaran Insentif Kader Posyandu

Nelli juga merinci bahwa usulan anggaran untuk insentif kader posyandu mencakup Rp50 ribu per bulan untuk setiap kader sepanjang tahun 2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: