BANNER KPU
HONDA

8 Manfaat Buah Kluwek atau Kepayang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Cegah Anemia

8 Manfaat Buah Kluwek atau Kepayang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Cegah Anemia

8 Manfaat Buah Kluwek atau Kepayang untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Cegah Anemia--Foto: Instagram.com/dee_sem

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Sejak dahulu, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki buah dan rempah yang sangat beragam. Salah satu buah khas Indonesia yang cukup unik adalah kluwek atau kepayang.

Buah kluwek memiliki kulit yang cukup keras seperti kemiri dan biasanya banyak dijumpai sebagai bumbu makanan tradisional.

Secara penampilan, warna kluwek yang hitam memang tampak kurang menarik. Tetapi dari segi rasanya, sudah pasti lezat. Karena, buah kluwek mengandung asam glutamat yang biasa terkandung yang ada di dalam bumbu penyedap masakan. 

Tak hanya itu saja, buah kluwek juga mengandung berbagai nutrisi penting yang ada di dalamnya. 

BACA JUGA:Air Tape Ketan Hitam Dipercaya Ampuh Obati Penyakit Anemia, Ini 5 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah kluwek atau kepayang untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah kluwek mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin ini diketahui memiliki banyak peran untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh. 

Kandungan vitamin C yang ada didalam buah kluwek bisa membantu untuk melawan berbagai penyebab infeksi yang masuk ke dalam tubuh. 

BACA JUGA:Sawo Putih Baik untuk Ibu Hamil, Mencegah Anemia dan Mengoptimalkan Fungsi Otak

Selain itu, vitamin C juga mampu untuk menjaga kesehatan kulit dengan meregenerasi sel-sel tubuh. Vitamin C ini juga berperan sebagai antioksidan di dalam tubuh yang bisa menetralkan radikal bebas.

2. Mencegah Anemia

Buah kluwek kaya akan kandungan zat besinya. Mineral ini adalah salah satu komponen yang bisa membantu pembentukan sel darah merah, yaitu hemoglobin. 

Zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah anemia atau kekurangan sel darah merah, khususnya untuk parah ibu hamil. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: