BANNER KPU
HONDA

Air Tape Ketan Hitam Dipercaya Ampuh Obati Penyakit Anemia, Ini 5 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

Air Tape Ketan Hitam Dipercaya Ampuh Obati Penyakit Anemia, Ini 5 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

Air Tape Ketan Hitam Dipercaya Ampuh Obati Penyakit Anemia, Ini 5 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan--Foto: Instagram.com/susie.agung

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Air tape ketan hitam bisa dihasilkan setelah melewati proses fermentasi beras ketan hitam. Di mana beras ketan hitam atau ketan merah difermentasikan layaknya proses pembuatan tape ubi. 

Proses fermentasi tersebut dilakukan minimal selama dua hari, sehingga tape ketan akan menghasilkan berupa cairan yaitu air tape. 

Namun, apakan anda sudah mengetahui manfaat dari air tape ini? Memang tidak banyak yang tahu manfaat dari air tape ini, karena biasanya air tape sendiri dimanfaatkan untuk campuran bahan kue dan bumbu masakan saja, supaya rasanya pun semakin lezat. 

Adapun beberapa nutrisi yang terdapat di dalam air tape ini seperti kalori, energi, protein, serat, vitamin E, asam folat, zat besi, dan lainnya. 

BACA JUGA:Wow! 7 Manfaat Kerupuk Kulit Bagi Kesehatan, Bisa Bantu Program Diet

Berikut manfaat dari air tape ketan yang belum banyak diketahui semua orang, diantaranya sebagai berikut:

1. Mengobati Penyakit Ambeien

Meskipun sudah banyak obat yang bisa mengobati penyakit ambeien, namun tentunya tidak sedikit juga orang yang masih meyakini bahwa penyembuhan penyakit melalui pengobatan tradisional, termasuk air tape ketan.

Meskipun hingga saat ini manfaatnya secara klinis belum diketahui secara pasti. Namun, air tape ketan dipercaya oleh beberapa masyarakat bisa untuk mengatasi wasir, baik itu wasir ringan maupun wasir berdarah.


Tape ketan hitam--Foto: Instagram.com/susie.agung

BACA JUGA:Manfaat Batu Akik Cempaka Putih untuk Detoksifikasi dan Kesehatan Lebih Optimal

2. Menurunkan Kolesterol Darah

Di dalam tape ketan terdapat kandungan asam organik. Asam organik ini bisa membantu tubuh dalam memecahkan timbunan kolesterol dan juga lemak. Sehingga menjadi sangat baik sekali untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh anda.

Tidak hanya itu saja, bahwa kolesterol yang tidak menumpuk tentunya akan melancarkan sirkulasi darah didalam tubuh. Kemudian, pada lemak sendiri akan diubah menjadi energi sehingga bisa mencegah terjadinya penyakit jantung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: