Salah Satunya Menjaga Kesehatan Jantung, Ini 5 Manfaat Kentang untuk Kesehatan Tubuh

Senin 03-06-2024,19:14 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

Selain itu, kentang juga mengandung kalsium dan magnesium yang tentunya memiliki peranan penting di dalam mengendalikan tekanan darah yang normal.

Dalam peneliti dari Institute for Food Research juga telah menemukan bahwa kentang mengandung kukoamines yang efeknya berhubungan dengan penurunan tekanan darah.

3. Meningkatkan fungsi saraf dan otak

Vitamin B6 yang ada di dalam kentang sangatlah penting untuk menjaga kesehatan neuron atau sel-sel pembawa sinyal dari dan ke dalam otak.

BACA JUGA:5 Manfaat Konsumsi Buah Durian untuk Kesehatan, Cegah Anemia Hingga Kanker

Vitamin B6 juga berperan dalam pembentukan bahan kimia otak, yaitu serotonin, dopamin, dan juga noreprinefrin.

Oleh karena itu, mengonsumsi kentang sangat baik untuk kesehatan saraf dan juga otak. Dimana kondisi otak yang sehat tentunya dapat membantu untuk mengurangi stres, depresi, hingga dengan gangguan kecemasan.

Selain itu, kalium yang ada didalam kentang tentunya bisa mendorong pelebaran pembuluh darah, juga akan membantu memastikan otak akan cukup mendapatkan darah.

4. Bebas kandungan gluten

Kandungan zat yang ada di dalam kentang juga bebas gluten alias gluten free.

Bagi orang yang mengalami masalah mengonsumsi makanan yang mengandung gluten seperti penyakit celiac, Anda pun juga bisa menjadikan kentang sebagai alternatif yang tepat.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ini 5 Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan

Meskipun pun kentang sendiri bebas dari gluten, beberapa hidangan dari olahan kentang tentu bisa mengandung gluten, yaitu seperti saus atau roti kentang. 

Bila Anda memiliki penyakit Celiac atau kondisi sensitivitas gluten, maka pastikan untuk membaca terlebih dahulu daftar komposisi lengkap. Dimana saat ini, dari beberapa produk sudah memiliki label gluten free.

5. Menjaga kesehatan jantung

Karotenoid yang ada di dalam kentang sangat membantu untuk menjaga fungsi jantung dengan lebih baik.

Kategori :