Puluhan Ibu-ibu di Seluma Kehilangan Mata Pencarian, Imbas Pabrik CPO Mini Ditutup Pemkab

Selasa 06-08-2024,12:24 WIB
Reporter : Hendri Saputra
Editor : Heri Aprizal

SELUMA, RAKYATBENGKULU.COM - Selasa pagi, 6 Agustus 2024, puluhan buruh yang berasal dari kalangan ibu-ibu mendatangi pabrik clude palm oil (CPO) skala mini yang ada di Kelurahan Padang Rambun Kecamatan Seluma Selatan.

Adapun kedatangan ini untuk menyampaikan keluhan dan mengharapkan pertimbangan, karena pada saat ini pabrik tersebut ditutup oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma sejak Senin, 5 Agustus 2024. 

Akibat penutupan pabrik, pada saat ini mereka mengaku kehilangan mata pencarian, dimana banyak dari mereka merupakan tulang punggung keluarga.

Diungkapkan oleh Eva yang juga merupakan warga setempat, dirinya mewakiliki rekan-rekan menyayangkan adanya penutupan oleh Pemkab Seluma.

Menurutnya hal itu terlalu tergesa gesa dilakukan menanggapi keluhan warga, padahal keluhan yang dimaksud belum tentu sepenuhnya benar.

BACA JUGA:Tak Ditanggung BPJS, Korban Penganiayaan Berat di Seluma Butuh Uluran Tangan untuk Biaya Operasi

BACA JUGA:Pelaku Penganiayaan di Seluma Akhirnya Serahkan Diri, Sempat Kabur Ketika Dijemput Paksa

Dikatakannya, mengenai limbah tidak ada kendala karena limbah hasil pengolahan dari pabrik langsung ditampung dan diserahkan secara gratis kepada warga sekitar untuk keperluan kesuburan tanaman. 

Sementara itu, untuk asap juga tidak ada kendala karena bahkan bisa dikategorikan minim karena pabrik hanya skala kecil.


Ibu-ibu mengaku kebingungan untuk mencari pekerjaan kalau pabrik ditutup, dirinya meminta agar Pemkab segera ambil kebijakan karena semua pekerja di pabrik terutama kaum ibu-ibu merupakan warga setempat--dokumen/rakyatbengkulu.com

"Kami ini tulang punggung mas, suami-suami kami juga sulit mencari pekerjaan di masa saat ini sehingga kami harus membantu," ungkap Eva dikutip dari KORANRB.ID, Selasa.

"Kalau pabrik ini ditutup, siapa lagi yang mau membiayai kebutuhan kami sehari hari sementara kami bergantung pada pabrik ini," katanya.

BACA JUGA:1 Jasad Pelaku Penganiayaan Seluma Berhasil Dievakuasi, Diduga Anaknya Masih Hidup dan Melarikan Diri

BACA JUGA:Mengenang Bripda. Sony Bintang Alfalah, Personel Polres Seluma yang Gugur Saat Bertugas

Diungkapkan, pekerja lainnya yaitu Diana mengaku kebingungan untuk mencari pekerjaan kalau pabrik ditutup.

Kategori :