5 Cara Efektif dan Strategi Mengendalikan Gulma pada Tanaman Pepaya California

Senin 26-08-2024,13:33 WIB
Reporter : Apriyan Doni
Editor : Febi Elmasdito

RAKYATBENGKULU.COM - Mengendalikan gulma pada tanaman pepaya California adalah langkah krusial untuk memastikan pertumbuhan yang sehat dan hasil panen yang maksimal.

Gulma bisa bersaing dengan pepaya dalam mendapatkan air, nutrisi dan cahaya, serta menjadi tempat persembunyian bagi hama dan penyakit.

Berikut ini beberapa tips dan strategi efektif untuk mengendalikan gulma pada tanaman pepaya California, yang telah dirangkum oleh Rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber.

1. Pengendalian Gulma Secara Manual

Penyiangan Rutin

Lakukan penyiangan secara rutin untuk menghilangkan gulma yang tumbuh di sekitar tanaman, penyiangan harus dilakukan dengan hati-hati untuk tidak merusak akar pepaya.

Penyiangan terbaik dilakukan sebelum gulma berbunga dan menghasilkan benih, serta pada tahap awal pertumbuhan gulma.

BACA JUGA:7 Cara Efektif Mengatasi Hama pada Tanaman Pepaya California

BACA JUGA:7 Langkah Efektif untuk Pemupukan Pepaya California yang Optimal dan Hasil Panen Berlimpah

Alat Penyiang

Gunakan cangkul, garu, atau alat penyiang khusus untuk memudahkan penghilangan gulma, pastikan untuk membersihkan alat setelah digunakan untuk menghindari penyebaran benih gulma.

Teknik Penyiangan

Lakukan penyiangan dangkal di sekitar tanaman untuk menghindari kerusakan akar pepaya, penyiangan mendalam dapat merusak sistem perakaran tanaman. Hindari mengganggu akar pepaya saat menyiang gulma di sekitar tanaman.

2. Pengendalian Gulma Secara Mekanis

Penggunaan Mulsa

Kategori :