Blujek, yang didirikan pada 2015, terkenal dengan ciri khas warna biru. Meskipun memiliki basis pelanggan yang loyal, Blujek kesulitan bertahan dalam persaingan sengit dengan Gojek dan Grab yang memiliki sumber daya yang lebih besar.
Perang tarif antara penyedia layanan ojek online juga memengaruhi keberlanjutan Blujek, yang akhirnya harus menghentikan operasinya.
5. Topjek
Diluncurkan pada 2015, Topjek merupakan pemain baru di pasar ojek online Indonesia.
BACA JUGA:Bejat! Kuli Bangunan Diringkus Polisi Usai Garap Anak Kandung, Akui Perbuatan Sudah 6 Kali
BACA JUGA:Mie Bandung Kejaksaan 1964, Tempat Ideal untuk Merayakan Natal dan Tahun Baru di Kota Bengkulu
Meskipun berusaha menawarkan layanan terbaik, Topjek tidak mampu bersaing dengan kekuatan Gojek dan Grab yang sudah mapan.
Keterbatasan pelanggan dan mitra pengemudi membuat Topjek sulit berkembang, dan akhirnya terpaksa menutup operasionalnya.
Industri ojek online di Indonesia memang sangat kompetitif. Beberapa pemain baru mencoba memasuki pasar, namun hanya sedikit yang mampu bertahan.
Uber, Lady Jek, Call Jack, Blujek, dan Topjek adalah contoh nyata dari ojek online yang gagal menghadapi tantangan besar dari pesaing-pesaing yang lebih kuat dan lebih mapan.
Keberhasilan dalam industri ini sangat bergantung pada modal yang kuat, inovasi, dan strategi yang tepat untuk bertahan di tengah persaingan yang ketat.