BANNER KPU
HONDA

Bacakan Amanat Kasal, Danlanal Bengkulu: TNI AL Garda Utama Pertahanan Negara di Laut

Bacakan Amanat Kasal, Danlanal Bengkulu: TNI AL Garda Utama Pertahanan Negara di Laut

 

BENGKULU - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Bengkulu menggelar upacara Hari Jadi ke 76 TNI Angkatan Laut (AL) secara internal. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Yudi Ardian, dengan komandan upacara Dandenpom Lanal Bengkulu Kapten Laut (PM) Yudi Molgan, S.H dan sebagai perwira upacara Letda Laut (PM) Muntar Erlinton Pasaribu di Lapangan Apel Mako Lanal Bengkulu, Jumat (10/9).

Peringatan Hari jadi TNI AL itu diperingati rutin setiap tahunnya yaitu pada setiap tanggal 10 September. Tahun ini memperingati hari jadi ke 76 yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lanal Bengkulu yang diikuti oleh seluruh prajurit, dan PNS Lanal Bengkulu serta SMKS 15 Kota Bengkulu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 sesuai anjuran pemerintah.

Pada upacara tersebut Danlanal Bengkulu membacakan, amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono. Disampaikan bahwa, peringatan Hari Jadi ke 76 TNI AL merupakan sebuah penghayatan akan perjalanan panjang dari sejarah pengabdian TNI AL kepada bangsa dan negara.

"Kendati di masa pandemi Covid-19, namun jiwa dan semangat kita sebagai prajurit Jalasena tetap berkobar. Tanpa mengurangi pelaksanaan tugas pokok sebagai garda utama pertahanan negara di laut, TNI AL juga berperan aktif mendukung prioritas pemerintah dalam penanggulangan COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional," ucap danlanal.

Dalam amanat tersebut, Kasal juga menekankan, untuk perteguh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan YME, pegang teguh Sapta Marga, sumpah prajurit, delapan wajib TNI dan Trisila TNI AL. Kemudian, tingkatkan kesiapan satuan di jajaran armada, pertahankan kejayaan TNI AL, jaga sinergitas dan soliditas interal TNI AL, TNI/Polri serta dengan masyarakat.

Usai membacakan amanat kasal, danlanal juga menyampaikan kepada peserta upacara dan seluruh prajurit Lanal Bengkulu untuk tetap mengobarkan semangatnya dalam melaksanakan tugas demi kejayaan TNI Angakatan Laut. "Sesuai tema yang diusung pada peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut kali ini, yaitu Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe TNI AL Siap Wujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh," imbuhnya.

Setelah upacara, dilanjutkan pemberian piagam penghargaan purna tugas dan dana pensiun oleh Danlanal Bengkulu kepada PNS Sarifudin Penata Muda Tk I.III/b di lapangan Apel Mako Lanal Bku, serta ucapan selamat oleh Wakil Ketua Jalasenastri Korcab II Cab.4 DJA I Lanal Bengkulu Nunuk Kamaluddin. Kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Danlanal Bengkulu yang diberikan kepada Bintara tertua Lanal Bengkulu Peltu Saa Supriyanto, dan Bintara termuda Lanal Bengkulu Serda Apm/W Refi Gustia. (rls)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: