HONDA

Mandalika Lulus Homologasi FIM, Songsong Jadi Tuan Rumah F1

Mandalika Lulus Homologasi FIM, Songsong Jadi Tuan Rumah F1

LOMBOK TENGAH – Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) telah menyatakan bahwa Sirkuit Mandalika, NTB, lulus uji kelayakan atau homologasi. Sirkuit jalanan pertama yang menghelat balapan motor kelas dunia itu dinilai layak menyelenggarakan World Superbike Championship (WSBK) 2021.

FIM telah melakukan inspeksi menyeluruh pada Kamis (18/11). Berdasar hasil homologasi, Sirkuit Mandalika memiliki kualitas yang memenuhi syarat untuk mengadakan balapan internasional. Dalam homologasi, ada beberapa aspek yang dinilai. Yaitu, aspal trek, area runoff, pit building, pagar pembatas, hingga fasilitas kesehatan sirkuit. Diharapkan, tercipta balapan yang aman.

Sirkuit Mandalika dimiliki Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan dikelola Mandalika Grand Prix Association (MGPA). Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah menyambut gembira kabar tersebut.

”Ini sebuah kebanggaan besar mengingat sirkuit ini adalah sirkuit baru. Kita telah membuktikan bahwa sirkuit ini layak dan memiliki kualitas yang memenuhi syarat untuk menggelar event balapan motor internasional,” kata Ricky dalam keterangan resminya kemarin.

Sirkuit Mandalika dibangun dalam waktu yang cukup singkat. Hanya 14 bulan. Besok (21/11) sirkuit itu sudah digunakan untuk seri penutup WSBK 2021. ”Selesainya homologasi memacu semangat kami untuk all-out dalam menggelar rangkaian balapan WSBK. Semua peralatan sudah siap dan lengkap. Begitu juga penyelenggara dan pendukung balapan,” jelas Ricky.

Selain WSBK dan MotoGP yang berlangsung pada Maret tahun depan, Mandalika sedang mengincar menjadi tuan rumah balapan Formula 1 pada masa depan. Tentu homologasi untuk balapan jet darat itu lebih rumit dan ketat ketimbang balap motor. Sebab, dibutuhkan status grade A dari FIA.

Namun, peluang itu sudah datang. Kabarnya, Raja Salman dari Arab Saudi menawarkan diselenggarakannya F1 di Mandalika. ”Alhamdulillah, memang Indonesia sudah ditawari Raja Salman untuk menjadi tuan rumah Formula 1 dan permintaannya digelar di Sirkuit Mandalika,” ungkap Gubernur NTB Zulkieflimansyah pada Kamis lalu.

Syaratnya, Mandalika harus sukses menjadi penyelenggara MotoGP tahun depan. ”Jika nanti MotoGP bisa berlangsung dengan baik, arahnya akan ke sana. Kehadiran MotoGP menjadi trigger awal untuk potensi lain,” ujarnya.(gil/c14/cak/jpg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"