HONDA

5 Kecamatan di Kota Bengkulu Terdampak Banjir, Puluhan Rumah Terendam

5 Kecamatan di Kota Bengkulu Terdampak Banjir, Puluhan Rumah Terendam

Petugas Basarnas melakukan pemantauan sejumlah titik banjir di Kota Bengkulu, Kamis (30/6/2022).--Febi/rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.DISWAY.ID - Akibat hujan lebat dan curah hujan intensitas tinggi yang melanda Kota Bengkulu sejak Rabu (29/6/2022) mengakibatkan beberapa titik di Kota Bengkulu dilanda bencana banjir.

Dari pantauan sementara setidaknya ada  5 kecamatan di Kota Bengkulu yang dilanda bencana banjir. Kecamatan Muara Bangkahulu, Kecamatan Sungai Serut, Kecamatan Ratu Agung, Kecamatan Ratu Samban, dan Kecamatan Selebar.

Terpantau bencana banjir cukup parah terjadi di Kelurahan Bentiring Permai dan Kelurahan Rawa Makmur, Kecamatan Muata Bangkahulu, Kota Bengkulu.

Petugas terkait dari Basarnas, BPBD, Kepolisian dan Dinas PUPR langsung melakukan pantauan di sejumlah titik banjir tersebut.

"Untuk sementara kami dari Basarnas menerima informasi ada 4 titik banjir," sampai Kasi Ops Basarnas Bengkulu, Wahyu Tri Agung Prihartanto kepada rakyatbengkulu.disway.id, Kamis (30/6/2022).

BACA JUGA:3 Wilayah Terdampak Banjir, Ini Sebarannya

"Yakni di Perumahan Korpri, Kelurahan Rawa Makmur, Rawa Makmur Permai dan Perumahan Ejuka," bebernya.

Dari pantauan pihaknya di sejumlah titik berdampak banjir tersebut sejauh ini tidak ada korban jiwa.

Pihaknya telah melakukan penyisiran di sejumlah daerah berdampak banjir, namun warga yang terdampak memang membutuhkan beberapa bahan pokok untuk bertahan karena banjir tersebut.

"Untuk korban jiwa sejauh ini nihil. Cuma hanya butuh beberapa keperluan pokok dan sudah kita sampaikan kepada pihak terkait dalam hal ini BPBD untuk menindaklanjuti kebutuhan masyarakat," lanjutnya.

BACA JUGA:Seluma Terkepung Banjir, Jalinbar Putus, Pengendara Cari Jalan Alternatif

Agung menyebutkan data sementara ada sebanyak 80 rumah yang berdampak banjir hanya untuk di Kelurahan Bentiring Permai.

"Data sementara dari kelurahan ada sebanyak 80 rumah yang berdampak. Awalnya hanya 35 rumah namun meningkat sampai sekarang 80 rumah berdampak," sampainya.

Lurah Bentiring Permai, Asmain Muzali menyebutkan di kelurahan tersebut setidaknya ada 5 RT dari total 27 RT yang terdampak banjir.

Untuk RT 20 di Perumahan Ejuka memang kerap menjadi langganan banjir dan cukup parah terdampak bagi warga.

"Kita yang terdampak ada 5 RT dari 27 RT yang ada. Cukup berdampak dan sebagaian masyarakat sudah ada yang mengungsi dan menyelamatkan barang-barang," jelasnya.

BACA JUGA:Benteng Dikepung Banjir

Akibat intensitas curah hujan tinggi ditambah lagi dengan air kiriman dari arah pegunungan (wilayah Kepahiang dan Taba Penanjung) yang mengakibatkan meningkatnya debit air pada aliran Sungai Bengkulu.

Imbasnya mengakibatkan banjir di beberapa titik Kota Bengkulu.

Berikut daerah di Kota Bengkulu yang terdampak banjir:

1. Kecamatan Muara Bangkahulu:

- Beberapa rumah warga tergenang air setinggi ± 45 Cm di Jl. Merpati 2, Merpati 4, Jl. Merpati 6, Jl. Merpati 7, Jl. Merpati 12, Jl. Merpati 16 Kel. Rawa Makmur Kec. Muara Bangkahulu Kota Bengkulu.

- Beberapa rumah warga tergenang air setinggi ± 45 Cm di Perumahan Ejuka dan Perumahan Korpri Kel. Bentiring Kec. Muara Bangkahulu Kota Bengkulu.

- Jl. Lintas Bengkulu - Pasar Pedati Kel. Pematang Gubernur Kec. Muara Bangkahulu Kota Bengkulu telah tergenang air setinggi ± 20 Cm.

- Jl. Dharma Wanita Kel. Rawa Makmur Kec. Muara Bangkahulu Kota Bengkulu telah tergenang air setinggi ± 10 Cm.

- Jl. Raya Kalimantan Kel. Rawa Makmur Kec. Muara Bangkahulu Kota Bengkulu telah tergenang air setinggi ± 15 - 20 Cm.

- Gang Masjid Hidayah Kel. Rawa Makmur Permai Kec. Muara Bangkahulu Kota Bengkulu telah tergenang air setinggi ± 40 - 60 Cm.

2. Kecamatan Sungai Serut:

Beberapa rumah warga tergenang air setinggi ± 70 - 80 Cm di Kel. Tanjung Agung dan Kel. Tanjung Jaya Kec. Sungai Serut Kota Bengkulu.

3. Kecamatan Ratu Agung:

Beberapa rumah warga tergenang air setinggi ± 15 - 20 Cm di Kel. Sawah Lebar Baru Kec. Ratu Agung Kota Bengkulu.

4. Kecamatan Ratu Samban:

Depan SPBU Bencoolen Mall Kel. Penurunan Kec. Ratu Samban Kota Bengkulu tergenang air setinggi ± 20 - 40 Cm di Jl. Merawan Kel. Sawah Lebar Kec. Ratu Agung Kota Bengkulu.

5. Kecamatan Selebar:

Jembatan Jl. Tanjung Gemilang Kel. Bumi Ayu Kec. Selebar Kota Bengkulu tergenang air setinggi ± 15 - 20 Cm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: