HONDA

WOW! Ternyata Ada Makna Unik Birthstone, 12 Jenis Batu Permata yang Mewakili Setiap Bulan Kelahiran

WOW! Ternyata Ada Makna Unik Birthstone, 12 Jenis Batu Permata yang Mewakili Setiap Bulan Kelahiran

12 jenis batu permata yang mewakili setiap bulan kelahiran, ternyata ada makna unik birthstone.--Foto: Ilustrasi Freepik.com/ Wirestock

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Birthstone atau batu kelahiran mungkin belum banyak yang mengetahuinya, dan kedengaran juga masih asing di telinga.   

Birthstone atau batu kelahiran ini merupakan 12 jenis batu permata yang menggambarkan setiap bulan kelahiran. Mulai dari bulan Januari sampai Desember yang ditandai oleh batu permata warna-warni yang berbeda.

Pada awalnya birthstone ini berasal dari kutipan yang ada di dalam Alkitab. Birthstone ini berasal dari 12 batu permata penutup dada milik Aaron atau Harun.

Kemudian  pada abad ke-1 dan ke-5 Masehi dua orang cendekiawan Flavius Josephus dan St. Jerome menghubungkan 12 birthstone dengan 12 zodiak. 

BACA JUGA:Ini Lho ! 7 Pilihan Batu Akik yang Penting bagi Kesehatan dan Energi Pria Dewasa

Selanjutnya pada abad ke-18, pedagang permata di Polandia menjual birthstone sesuai dengan bulan kelahiran seseorang. Sehingga satu orang hanya perlu memiliki satu buah batu.

Pada akhirnya di tahun 1912, National Association of Jewelers memutuskan dan menetapkan kalau praktik yang dilakukan di Polandia yang berlaku untuk birthstone.

Adapun daftar 12 jenis batu kelahiran atau birthstone beserta penjelasannya, antara lain:

1. January (Garnet)

Untuk mereka yang lahir di bulan Januari, batu kelahirannya ialah garnet, kata yang berasal dari abad ke-14 yang mempunyai makna merah tua. 

BACA JUGA:Khasiat dan Manfaat Batu Akik Puser Bumi untuk Perlindungan Gaib

Garnet berasal dari bahasa Latin, granatum yang mempunyai arti biji pomegranate.

Batu Garnet ini diyakini dapat menjaga keamanan untuk pemilik atau siapa pun yang menggunakannya.

2. Februari (Amethyst)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: