HONDA

Mantap! Punya 4 Balai Benih Ikan: Pemkab Rejang Lebong Maksimalkan untuk Dukung Pengentasan Stunting

Mantap! Punya 4 Balai Benih Ikan: Pemkab Rejang Lebong Maksimalkan untuk Dukung Pengentasan Stunting

Mantap! Punya 4 Balai Benih Ikan: Pemkab Rejang Lebong Maksimalkan untuk Dukung Pengentasan Stunting--badri/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Untuk mendukung penyuksesan program pemerintah, khususnya di sektor pengentasan stunting. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong Provinsi Bengkulu akan memaksimalkan pemanfaatan Balai Benih Ikan (BBI).

Apalagi jumlah BBI yang ada di Kabupaten Rejang Lebong, sebanyak 4 lokasi. Dan ini dianggap langkah tepat, sebab selain kembali memberdayakan BBI yang ada, juga bermanfaat untuk membantu pengentasan stunting.

BACA JUGA:Tak Disangka! Sering Menimbulkan Bau Tak Sedap, Ternyata Air Kolam Lele Bisa Jadi Pupuk Tanaman

Ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Rejang Lebong, Ir. Zulkarnain, MT saat ditemui rakyatbengkulu.com, Rabu 8 November 2023.

Menurutnya, optimalisasi pemanfaatan 4 Balai Benih Ikan (BBI) ini sebenarnya sangat potensial dilakukan. Selain untuk ketersedian benih ikan yang bisa dipasarkan, hal ini juga untuk mendukung penurunan angka stunting.

BACA JUGA:Ini ! 6 Bendungan Terbesar di Provinsi Bengkulu, Masuk Wilayah Kerja Balai Sungai Sumatera VII

“Salah satu yang bisa dilakukan, yakni dengan program penambahan stok ikan di sejumlah perairan yang ada. Sehingga pada waktunya, masyarakat bisa memanfaatkan dengan cara memancing atau menjala ikan," papar Zulkarnain.

BACA JUGA:Miliki 2 Jenis Baterai, Sepeda Listrik Ofero Stareer Asal Pabrikan Indonesia Dibanderol Harga Rp7 Jutaan

Diakuinya, adanya pandemi Covid-19, telah berdampak langsung pada aktivitas pemanfaatan Balai Benih Ikan (BBI). Sebab sejumlah anggaran untuk pemanfaatan BBI tersebut, dialihkn untuk percepatan penanganan Covid-19.

BACA JUGA:Hore ! Sukses Tangani Inflasi, 34 Daerah Diberikan Dana Rp340 Miliar: Ini Dia Rincian per Daerah

"Balai Benih Ikan (BBI) Dusun Baru Curup Selatan, saat ini sudah ada 2.400 indukan ikan nila. Dananya bersumber dari APBD, sektar Rp81 juta. Itu sudah termasuk dengan pakan ikan 2,5 ton, dan 1,5 Ton lagi disebarkan untuk 3 BBI lainnya," ungkap Zulkarnain.

BACA JUGA:Rp5 Juta Melayang! Video Syur Oknum Kepala Sekolah Tetap Tersebar: 3 Kali Diminta Transfer

Dikatakan Zulkarnain, regulasi berupa Peraturan Daerah (Perda) dan retribusi pajak daerah sektor perikanan baru saja disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Rejang Lebong.

BACA JUGA:Soal Video Syur Oknum Kepsek SD: PGRI Sarankan Buat Laporan ke Polisi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: