HONDA

Makan Nasi dalam Keadaan Masih Panas, Apakah Berdampak Pada Gula Darah? Ini Dia Hasil Penelitian Terbaru

Makan Nasi dalam Keadaan Masih Panas, Apakah Berdampak Pada Gula Darah? Ini Dia Hasil Penelitian Terbaru

Apakah berdampak pada gula darah bila makan nasi dalam keadaan masih panas?--dokumen/rakyatbengkulu.com

Pada penelitian tersebut, telah menunjukkan bahwa nasi yang didinginkan mengalami pembentukan kembali struktur kristal pada pati yang telah mengalami gelatinasi (retrogradasi) pada pati sehingga tidak dapat dicerna dan diserap oleh tubuh. 

Hal tersebutlah yang membuat nasi memiliki indeks glikemik yang lebih rendah karena zat karbohidrat yang diserat tubuh di dalam nasi yang didinginkan tidak sebanyak nasi yang panas dalam keadaan baru masak.

Dari hasil riset tersebut dan didukung oleh suatu penelitian di dalam jurnal internasional, Journal of Research in Medical Sciences pada tahun 2021.

Dimana dari hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa nasi dalam keadaan panas dapat meningkatkan gula darah lebih cepat daripada nasi yang didinginkan sebelum dimakan.

BACA JUGA:5 Jenis Makanan yang Ampuh Turunkan Kadar Gula Darah, Rekomendasi untuk Penderita Diabetes

Dari hasil penelitian terbaru tersebut, menunjukkan respon glikemik yang lebih baik ketika orang dewasa sehat mengonsumsi nasi dingin daripada nasi dalam nasi panas.

Adapun respon glikemik dari hasil penelitian tersebut memperoleh nilai 121,9 + 17,4 mg/dl untuk nasi dingin dan 128,0 +- 22,1 mg/dl untuk nasi panas.

Hal tersebutlah yang membuktikan bahwa nasi panas dapat meningkatkan kadar gula darah lebih banyak dalam waktu yang lebih cepat daripada nasi yang didinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: