HONDA

Ini ! Fisikawan dan Pencetus Teori Ekonomi, Keturunan Yahudi yang Paling Berpengaruh di Dunia

Ini ! Fisikawan dan Pencetus Teori Ekonomi, Keturunan Yahudi yang Paling Berpengaruh di Dunia

Ini ! Fisikawan dan Pencetus Teori Ekonomi, Keturunan Yahudi yang Paling Berpengaruh di Dunia--DOK/RB

Pencetus teori kapitalisme adalah David Ricardo. Dengan teori ini, maka feodalisme yang tak lagi bisa bernapas lebih panjang. Apalagi menciptakan sistem ekonomi baru pada abad ke-15 yang disebut kapitalisme.

Sistem kapitalisme tersebut berjalan berdasarkan keuntungan yang dihasilkan dalam ekonomi. Kapitalisme kemudian menjadi sistem baru dan digunakan sampai sekarang. Menariknya, sistem kapitalisme ini berlangsung hingga di hampir seluruh dunia.

Ekonom Yahudi yang disebut sebagai orang pertama yang menggunakan istilah "kapitalisme" dalam buku berjudul "Prinsip Ekonomi Politik dan Perpajakan pada 1817", adalah David Ricardo.

BACA JUGA:Pose Patung Kuda Menentukan Cerita Dibalik Sejarah Penunggangnya

BACA JUGA:BSI, Bank Umum Syariah Pertama yang Kantongi Perizinan Layanan RDN Online

David Ricardo, dari berbagai sumber menyebutkan, salah satu orang yang terlibat dalam pencetusan teori ini. Namun bukan hanya David Ricardo, juga ada yang lain di antaranya, Adam Smith, Thomas Malthus, dan James Mill.

4. Karl Marx

Sosok Karl Marx, tentunya adalah figur yang tersohor dengan Teori Marxisme. Sementara, sistem ekonomi Kapitalisme bagi sebagian orang tidaklah indah-indah amat. 

Oleh karena itu, ekonom asal Jerman, Karl Marx, mempopulerkan teori sosialisme dan komunisme. Marx pun merilis bukunya tentang Manifesto Komunis pada 1848 dan Das Kapital pada 1867.

BACA JUGA:Mulailah Muhasabah Diri, Yuk Perbaiki Hubungan dengan Allah

BACA JUGA:Memiliki Jambul, Begini Ciri Spesifik dari Burung Kakatua, Termasuk Hewan Dilindungi

Tulisan pada buku-buku itu menjadi dasar pemikiran yang dikenal sebagai Marxisme. Marx yang terlahir 5 Mei 1818, merupakan anak dari pasangan Heinrich dan Henrietta Pressburg.

Kedua orang tua Karl Marx merupakan orang Yahudi dan memiliki garis keturunan rabi. Akan tetapi, alasan profesi ayah, maka Marx harus dibaptis di gereja. Ia dibaptis saat usia 6 tahun.

5. Mayer Amschel Rothschild 

Sosok Mayer Amschel Rothschild, adalah pencetus bank modern dan pasar uang. Ia pun disebut sebagai sosok orang Yahudi super tajir di masanya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: