HONDA

Kenalkan Sejarah dan Budaya: Museum Negeri Bengkulu Gelar Pameran Senjata Tradisional

Kenalkan Sejarah dan Budaya: Museum Negeri Bengkulu Gelar Pameran Senjata Tradisional

Kenalkan Sejarah dan Budaya: Museum Negeri Bengkulu Gelar Pameran Senjata Tradisional--dok/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Untuk mengenalkan sejarah dan budaya Bengkulu kepada generasi muda, Museum Negeri Bengkulu menggelar pameran senjata tradisional pada Senin, 27 November 2023.

Pameran dengan tajuk "Dinamika Fungsi Senjata sebagai Perisai Jati Diri Bangsa" dibuka langsung Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. 

Sebanyak 500 koleksi senjata ditampilkan dalam pameran. Dari senjata zaman prasejarah berupa kapak batu, senjata tradisional masyarakat untuk berburu, menyerang dan pertahanan diri, hingga senjata semi modern pada masa kolonial. 

BACA JUGA:Beri Peluang Bagi Disabilitas, Gubernur Minta Dinas Sosial Pantau Implementasi UU No 8 Tahun 2016

Dikatakan Gubernur Rohidin, secara umum koleksi yang ditampilkan sudah cukup representatif menggambarkan sejarah dan budaya Bengkulu. 

"Saya minta barang-barang ini dipelihara, dirawat, sehingga walaupun berumur tua kalo terawat enak untuk dilihat," tuturnya. 

Selain itu dirinya mengharapkan adanya inovasi untuk  mempromosikan Museum Negeri Bengkulu sebagai pusat edukasi dan destinasi kunjungan wisata terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa. 

"Hidupkan suasana. Lakukan kerja sama dengan sekolah dan perguruan tinggi. Dan gratiskan retribusi masuk pada hari-hari tertentu untuk meningkatkan angka kunjungan," ujar Gubernur Rohidin.

BACA JUGA:Peluncuran ‘Bengkulu Hebat’, Gubernur Rohidin Dobrak Pola Pikir Kaula Muda dalam Memandang Bengkulu

Kepala Museum Negeri Bengkulu, Didi Hartanto mengatakan saat ini jumlah kunjungan di Museum Negeri Bengkulu telah melebihi target. Rata-rata kunjungan 100 orang perhari. 

Namun dirinya menyambut baik arahan gubernur agar Museum Negeri Bengkulu menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Provinsi Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"