HONDA

Asal-usul Nama 5 Pulau Besar, Sumatera Berasal dari Samudera, Irian Maksudnya Ikut Republik Indonesia

Asal-usul Nama 5 Pulau Besar, Sumatera Berasal dari Samudera, Irian Maksudnya Ikut Republik Indonesia

Asal-usul Nama 5 Pulau Besar, Sumatera Berasal dari Samudera, Irian Maksudnya Ikut Republik Indonesia--rakyatbengkulu.disway.id

BACA JUGA:Sejarah Kopi ! Kopi Jawa Arabika Musnah, Belanda Rugi Besar, Terancam Pailit

Kalimantan atau Klemantan berasal dari bahasa Sanksekerta, Kalamanthana yang artinya pulau yang udaranya sangat panas atau membakar.

Karena vokal ‘a’ pada kala dan manthana menurut kebiasaan tidak diucapkan, maka Kalamanthana diucapkan Kalmantan yang kemudian disebut oleh penduduk asli Klemantan atau Quallamontan yang akhirnya diturunkan menjadi Kalimantan.

BACA JUGA:5 Sungai Terpanjang di Sumatera, Ada Sungai Batang Hari dan Sungai Musi di Palembang

 

4. Sulawesi

Orang Portugis yang pertama merujuk ke Sulawesi sebagai “Celebes” yang artinya tidak jelas. Ada satu teori yang mengklaim kalau itu berarti ‘sulit untuk dicapai’. Sebab pulau tersebut dikelilingi arus laut dan air serta sungai yang deras. 

Sedangkan nama modern “Sulawesi’ kemungkinan berasal dari kata-kata sula ‘pulau’ serta besi ‘besi’ dan dapat merujuk kepada sejarah ekspor besi dari Danau Matano, dimana danau ini kaya akan deposit bijih besi.

BACA JUGA:Penyebab Faktor Pemicu Alergi Obat, Karakteristik Kimia Obat, Sistem Kekebalan Tubuh yang Lemah

 

5. Irian Jaya atau Papua

Pada masa pemerintahan kolonial Hindia Belanda, daerah tersebut dikenal sebagai Nugini Belanda. Setelah di bawah penguasaan Indonesia, daerah tersebut dikenal sebagai Provinsi Irian Barat sejak tahun 1969-1973. 

Kemudian namanya diganti menjadi Irian Jaya oleh mantan presiden, Soeharto pada saat meresmikan tambang tembaga dan emas Freeport, setelah itu nama yang tetap digunakan secara resmi hingga tahun 2002. 

BACA JUGA:Kebiasaan yang Buat Sulit Tidur, Dipengaruhi Ruminasi, Yakinkan Diri Bahwa Semua Masalahmu akan Selesai

Irian merupakan kependekan dari Ikut Republik Indonesia. Nama provinsi tersebut diganti menjadi Papua, sesuai Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2001, Otonomi Khusus Papua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: