HONDA

5 Mitos Dibalik Keindahan Danau Toba: Ikan Mas Raksasa Hingga Keberadaan Begu Ganjang

5 Mitos Dibalik Keindahan Danau Toba: Ikan Mas Raksasa Hingga Keberadaan Begu Ganjang

5 Mitos Dibalik Keindahan Danau Toba: Ikan Mas Raksasa Hingga Keberadaan Begu Ganjang--Foto: Facebook.com/Longsaputrahasibuan

Begu Ganjang adalah mahluk mistis yang diyakini oleh sebagian masyarakat Sumatera Utara, termasuk warga di sekitar Danau Toba.

Pada masyarakat setempat meyakini kalau Begu Ganjang ini adalah mahluk yang tinggi dan berambut panjang serta sering disebut kalau ada fenomena yang dianggap aneh, misal seperti warga yang tiba-tiba sakit atau meninggal dengan mencurigakan.

BACA JUGA:Mitos Mengantongi Batu Ketika Kebelet BAB, Bagaimana Pembuktian Ilmiahnya?

Terdapat dua versi mitos Begu Ganjang, yang pertama Begu Ganjang ini disebut sebagai hantu yang dipakai oleh orang yang mempunyai ilmu hitam untuk guna-guna ataupun santet.

Adapun mitos lainnya, Begu Ganjang disebut merupakan sosok penjaga kebun jeruk milik warga, di Tanah Karo. Di Brastagi, orang yang memiliki ladang jeruk itu tidak sedikit, bisa berhektar-hektar. 

Dimana orang tidak nunggu kebun jeruk tersebut seharian. Kalau ambil jeruk sedikit untuk dikonsumsi itu tidak masalah, namun kalau mengambil banyak tidak bisa keluar dari kebun tersebut, akan berputar di situ-situ saja terus. 

Nah, itulah tadi mitos yang terdapat dibalik keindahan Danau Toba, semoga informasi ini bermanfaat.

BACA JUGA:Bahaya Menggunakan Bedak Bayi untuk Dewasa: Mitos dan Fakta yang Perlu Diketahui

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: