HONDA

Ini ! Tips dan Contoh BUMDES yang Sukses dan Terbukti Berhasil, Modal Tidak Jaminan

Ini ! Tips dan Contoh BUMDES yang Sukses dan Terbukti Berhasil, Modal Tidak Jaminan

Ini ! Tips dan Contoh BUMDES yang Sukses dan Terbukti Berhasil, Modal Tidak Jaminan --DOK/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kucuran Dana Desa (DD) dari pemerintah pusat ke desa-desa se Indonesia salah satu peruntukkannya untuk pemberdayaan masyarakat. Wujud dari pemberdayaan bisa dengan penyertaan modal usaha melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). 

BACA JUGA:2 Tahun Mobil BUMDes di Seluma 'Hilang', Bupati Minta Kades Buat Laporan Resmi

BACA JUGA:Soal Dana Hibah BUMDes, Inspektorat Periksa Kades dan Perangkat

Lalu, apakah penyertaan modal usaha tersebut menjadi jaminan kesuksesan dan keberhasilan bagi BUMDES? Modal tidaklah menjadi jaminan. Pasalnya, modal saja tidak cukup untuk mewujudkan BUMDES menjadi sukses dan berhasil. Kesuksesan dan keberhasilan BUMDES dipengaruhi banyak faktor.

Di sini rakyatbengkulu.com akan menjelaskan beberapa tips BUMDES sukses dan terbukti berhasil, modal tidak jaminan. Bukan hanya beberapa tips yang dijelaskan pada artikel ini, juga contoh beberapa BUMDES di Indonesia yang dihimpun dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Ini Pembagian Dana Desa 2024 Aceh Tenggara, Aceh! 2 Desa 1 Miliar

BACA JUGA:Ini Pembagian Dana Desa 2024 Aceh Tengah, Aceh! 10 Desa 1 Miliar

Semoga tips menjadikan BUMDES sukses dan terbukti berhasil pada artikel ini bisa menjadi referensi. Terkhusus, bagi BUMDES di kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. Pasalnya, sejak pemerintah pusat menggelontorkan Dana Desa dan diwujudkan oleh pemerintahan desa dengan membentuk BUMDES, namun sebagian besar BUMDES di Provinsi Bengkulu justru gulung tikar.

Penyertaan modal yang dialokasikan dari Dana Desa justru habis tidak berbekas. Ini pun membuktikan bahwa modal tidak jaminan BUMDES bisa sukses dan berhasil. Buktinya, BUMDES di Provinsi Bengkulu pun kebanyakan bangkrut. Nah, kenyataan ini hendaknya tidak perlu terjadi apabila BUMDES dijalankan dengan baik. 

BACA JUGA:Ini Pembagian Dana Desa 2024 Aceh Selatan, Aceh! 6 Desa 1 Miliar

BACA JUGA:Ini Pembagian Dana Desa 2024 Aceh Barat, Aceh! 4 Desa 1 Miliar

Berikut ini ulasan mengenai tips BUMDES sukses dan terbukti berhasil, modal tidak jaminan adalah sebagai bebrikut :

1. Modal Tidak Jaminan. 

Selama ini kebanyakan orang ketika berniat untuk berusaha atau membuka satu unit usaha seringkali beralasan terkendala modal. Mereka tidak ada modal. Padahal modal sama sekali tidak menjamin usaha tersebut sukses dan berhasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: