HONDA

6 Pantangan yang Wajib Dihindari Saat Tahun Baru Imlek, Salah Satunya Potong Rambut

6 Pantangan yang Wajib Dihindari Saat Tahun Baru Imlek, Salah Satunya Potong Rambut

6 Pantangan yang Wajib Dihindari Saat Tahun Baru Imlek, Salah Satunya Potong Rambut--Foto: instagram.com/balloonfive.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Tahun Baru Imlek 2024 akan segare tiba. Pada saat mendekati perayaan Imlek, mereka yang merayakannya akan mulai menghias dan mendekorasi rumah mereka dengan berbagai pernak-pernik yang dominan berwarna merah. Ternyata, warna merah ini juga memiliki arti tersendiri.

Menurut seorang pakar Feng Shui, Angelina Fang, warna merah diyakini sebagai dengan warna keberuntungan. 

Warna merah berarti kemakmuran dan energi. Tak hanya itu saja, warna merah juga dipercaya bisa untuk mengusir roh jahat dan hal-hal negatif lainnya. 

Kepercayaan tentang warna merah bisa mengusir roh jahat atau hal negatif ini muncul dari cerita rakyat tentang adanya binatang mitos bernama Nian yang dulu sering menyerang warga dan merusak desa pada saat malam tahun baru Imlek. Kisahnya pada beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:7 Makanan Khas Imlek di Indonesia, Ketahui Juga Tradisi dan Makna Mendalam dari Setiap Sajian Kulinernya

Setelah itu ada seorang warga yang menemukan bahwa mahluk Nian ini takut dengan warna merah dan suara yang kencang. 

Akhirnya tradisi memakai baju merah di malam tahun baru Imlek dimulai. Orang-orang memasang dekorasi warna merah, dan menyalakan petasan hingga menabuh drum untuk menghalau mahluk Nian yang mengganggu.

Pada saat merayakan Tahun Baru Imlek, ternyata ada banyak hal yang tidak boleh dilakukan. Berikut ini beberpa pantangan saat tahun baru Imlek yang dirangkum berdasarkan pernyataan dari Angelina Fang.

1. Potong dan mencuci rambut di hari H Imlek

BACA JUGA:Ciong ! Inilah 5 Shio yang Diprediksi Akan Sial di Tahun Baru Imlek 2024

Memotong atau mencukur rambut adalah kegiatan yang sebaiknya dilakukan sebelum waktu perayaan tahun baru Imlek. Tidak hanya supaya terlihat lebih mempesona, kegiatan memotong rambut ini juga bertujuan untuk membuang sial.

Tidak hanya itu saja, pada saat perayaan Imlek biasanya orang-orang tidak akan mencuci rambut karena tidak ingin mencuci keberkahan yang telah diterima pada saat tahun baru Imlek. 

2. Menyapu dan membersihkan rumah

Menyapu atau membersihkan rumah menjelang perayan Tahun Baru Imlek adalah salah satu hal yang tidak boleh dilakukan. Karena ini dipercaya akan menyapu semua rezeki atau berkah keluar dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: