HONDA

Survei LEKAD: Sultan Najamudin, Rio Capella, Ahmad Kanedi dan Leni John Latief Bakal Melaju ke Senayan

Survei LEKAD: Sultan Najamudin, Rio Capella, Ahmad Kanedi dan Leni John Latief Bakal Melaju ke Senayan

Sultan Najamudin, Rio Capella, Ahmad Kanedi dan Leni John Latief bakal melaju ke Senayan.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 menyisahkan waktu tinggal hitungan minggu lagi, bahkan informasi terbaru dari Lembaga Edukasi dan Kajian Daerah (LEKAD), baru saja tuntas melakukan survei indikator khusus terhadap 12 sosok Calon DPD RI Dapil Provinsi Bengkulu.

Hasil survei LEKAD, dari 12 nama calon DPD RI menyimpulkan ada empat nama yang hasil surveinya tertinggi yakni incumbent senator Sultan B Najamudin dengan persentase sebesar 15,25%, disusul mantan Anggota DPR RI Patrice Rio Capella 14,5%, lalu menempati peringkat ketiga ada incumbent Ahmad Kanedi memperoleh 12,5 persen.

Sementara menariknya lagi, diantara perempuan yang bertarung akan memperebutkan kursi DPD RI, ada nama Leni Haryati John Latief menempati peringkat keempat sebesar 11%, dan selisih sedikit dengan sosok pendatang baru Elisa Ermasari yang menempati posisi kelima 9,08%. (Lihat grafis peringkat).

BACA JUGA:Sultan Gencarkan Kampanye Tatap Muka dengan Masyarakat, Optimis Target Suara 250 Ribu Dapat Tercapai

Presiden Direktur Lembaga Edukasi dan Kajian Daerah (LEKAD), Frentindo menerangkan, hasil survei LEKAD yang dilakukan pihaknya tersebut sifatnya hanya sementara.

Ia mengungkapkan, survei tersebut dilakukan dari tanggal 25 Desember 2023 sampai tanggal 10 Januari 2024, dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Sementara, total sampel 1200 responden tersebar proporsional di 10 kabupaten/kota se-Provinsi Bengkulu.

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel basis responden memiliki toleransi kesahalan (margin of error) sekitar (+/-) 2,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

BACA JUGA:Sultan Dukung Penuh Rencana Peningkatan Alokasi Anggaran Subsidi Pupuk Bagi Petani

“Dari hasil survei tim kita dilapangan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu, bahwa ada 4 nama yang perolehan persentase survei tertinggi dan berpeluang terpilih Anggota DPD RI yakni pertama ada Sultan B Najamudin, kedua Patrice Rio Capella, ketiga Ahmad Kanedi, dan keempat Leny John Latief," papar Frentindo, Kamis, 18 Januari 2024.

Selain itu dikatakan Frentindo, keempat nama yang memperoleh hasil survei tertinggi tersebut. Diketahui memang masing-masing memiliki basis masa hampir ditiap kabupaten/kota. 

"Apalagi keempat nama tersebut sama-sama punya pengalaman maju dalam hal Pemilu, dan termasuk mereka ada yang menjaga konsituennya sejak lama hingga sampai sekarang. Termasuk juga banyaknya atribut baliho serta program masyarakatnya yang telah berjalan sejak setahun terakhir ini menyentuh masyarakat," terang mantan Alumni LEMHANAS RI ini.

BACA JUGA:Sultan B Najamudin Diharapkan akan Membawa Perubahan Signifikan untuk Bengkulu

Meski dari keempat nama tersebut memperoleh pesentase hasil survei tertinggi, menurut Frentindo, hasil tersebut sifatnya baru sementara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: