HONDA

Mempercepat Penyembuhan Luka, Ini 7 Manfaat Daun Mangkoan, Mengandung Banyak Nutrisi Penting

Mempercepat Penyembuhan Luka, Ini 7 Manfaat Daun Mangkoan, Mengandung Banyak Nutrisi Penting

Mempercepat Penyembuhan Luka, Ini 7 Manfaat Daun Mangkoan, Mengandung Banyak Nutrisi Penting --Tokopedia.com/pekayonherba//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Selama ini daun mangkoan diyakini dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok dan memperkuat akar rambut. Padahal manfaat daun mangkoan ada 7, salah satunya dapat mempercepat penyembuhan luka.

Daun mangkoan mengandung banyak nutrisi penting diantaranya ada fosfor, peroksidase, zat besi, protein, lemak, kalsium, vitamin A, B1 dan C. 

Kemudian daun mangkokan atau nothopanax scutellarium merr merupakan tanaman dengan banyak manfaat herbal. Maksudnya manfaat sebagai obat herbal cukup banyak.

BACA JUGA:Kamu Sedang Promil, Pertimbangkan 12 Buah yang Bisa Tingkatkan Kesuburan, Asupan Nutrisi yang Baik

Selain itu, komposisi kandungan gizi tertinggi yang terdapat pada daun mangkokan berupa karbohidrat sebesar 11,8 gram. Lalu ada fosfor 49 mg, kalsium 474 mg, zat besi 4 mg dan vitamin A 5450 IU. 

Kandungan lain dalam daun mangkoan seperti senyawa alkaloid, saponin, polifenol, tanin, triterpenoid dan flavonoid. Sedangkan jenis flavonoid pada daun mangkoan berypa kaemferol, kuersetin, mirisetin dan flavone seperti apigenin dan luteolin. 

Secara umum flavonoid merupakan antioksidan untuk menangkal radikal bebas, sedangkan saponin digunakan sebagai antimikroba. 

BACA JUGA:Hanya Ada Pantai Kecil, 1 Pohon dan Semak-semak, Ini Pulau Berpenghuni Terkecil di Dunia

Ekstrak metanol dari daun mangkokan ternyata dapat memberi efek analgesik (pereda nyeri) pada dosis 400 dan 800 mg/kg terhadap berat badan mencit. 

Diduha efek ini lantaran kandungan senyawa polifenol, tanin dan flavonoid termasuk dalam senyawa aktif analgesik alami. Simak manfaat daun mangkoan di bawah ini. 

 

1. Memperlancar sistem pencernaan 

Kandungan serat dalam daun mangkokan dapat mencegah sembelit atau kesulitan buang air besar, diare dan mengobati buang air kecil yang tidak lancar.

BACA JUGA:Kajian Islam Ustadz Adi Hidayat: Lailatul Qadar Menurut Hadist Benarkah di Malam Jumat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: