HONDA

Lempuk Durian, Kuliner Khas Bengkulu yang Setia Menemani di Hari Lebaran

Lempuk Durian, Kuliner Khas Bengkulu yang Setia Menemani di Hari Lebaran

Lempuk Durian Kuliner Khas Bengkulu Setia Menemani Disaat Lebaran Nanti--instagram/dorian.idn

BACA JUGA:Yuk Kenali Makanan Khas Lebaran dari Berbagai Belahan Dunia! 

Kemudian diaduk menjadi satu dalam sebuah wadah besar untuk membuat dodol mencampurkan durian, ketan dan kelapa menjadikan makanan ini sebagai kuliner buah durian yang paling banyak peminatnya.

Tidak lengkap kalau lebaran kali ini tidak ada lempuk durian yang bisa kamu beli dimanapun, di toko oleh-oleh khas Bengkulu banyak sekali yang menjual makanan khas ini dengan harga bervariasi.

Jika tidak ingin membelinya kamu bisa juga membuat sendiri dengan campuran durian dan gula merah.

Produksi dan pemasaran lempok durian hanya berada di seputaran Kota Bengkulu di kawasan Anggut. 

BACA JUGA:4 Makanan Khas di Daerah Jawa Timur: Berikut Infonya, Cocok untuk Berbuka Puasa

Disana kamu akan mendapatkan lempuk durian yang asli, mereka jual tidak ditambahkan oleh apapun hanya durian dan gula, jadi lebih gurih dan legit asli buah durian yang khas kuliner Bengkulu.

Untuk cara pembuatan lempuk durian sangat mudah dan bisa dilakukan dalam skala rumahan dengan bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak, durian, gula, dan garam secukupnya yang bisa disiapkan.

Buah durian diambil dagingnya saja dikupas dari bijinya yang besar, kemudian campurkan gula yang digunakan adalah gula merah (gula aren atau gula kelapa) atau gula pasir yang berguna untuk sebagai pengawet alami.

Kamu dapat menggunakan gula dan garam sesuai kebutuhan cita rasa yang ingin kamu peroleh dalam membuat lempuk durian, karena kadang lempok hanya didominasi oleh bahan daging durian yang asli.

BACA JUGA:4 Makanan Khas di Daerah Jawa Timur: Berikut Infonya, Cocok untuk Berbuka Puasa

Selanjutnya bahan tersebut dicampur menjadi adonan dan dimasukkan ke dalam kuali di atas api sedang, jangan api besar, karena akan membuat gosong, cukup dengan api sedang saja memang waktunya akan lama. 

Kemudian, adonan diaduk hingga menjadi empuk mengental hingga tercampur rata bersama kedua bahan lainnya yakni gula dan garam, untuk menghasilkan Lempok Durian yang lezat dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam. 

Ketika sudah masak, selain kenyal tanda lainnya adalah adonan tidak lengket di tangan, adonan lempok durian didinginkan dengan mematikan api, sesudahnya kamu dapat makan makanan tersebut. 

Kemudian dilanjutkan dengan proses pengemasan menggunakan kemasan plastik dengan berbagai bentuk dan ukuran yang bisa kamu makan agar terlihat lebih cantik untuk toples lebaran kamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: