HONDA

Gubernur Rohidin: Pemerintah Lanjutkan Pembangunan Tol Bengkulu di 2025

Gubernur Rohidin: Pemerintah Lanjutkan Pembangunan Tol Bengkulu di 2025

Pembangunan tol Bengkulu dikatakan Gubernur Rohidin akan dilanjutkan pemerintah di 2025.--ANTARA

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyebutkan pemerintah pusat segera melanjutkan pembangunan tol Bengkulu-Lubuklinggau (Sumatera Selatan) pada 2025.

"Kemarin kami rakor di Jakarta bersama Menteri PPN, memastikan tol kita (Bengkulu) lanjut dari anggaran APBN mudah-mudahan ini bisa lanjut termasuk infrastruktur yang dikerjakan dengan APBD. Kemungkinan tol ini lanjut 2025 atau 2026," kata Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah di Bengkulu, Rabu.

Gubernur Rohidin Mersyah menyampaikan itu usai rapat bersama Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Suharso Monoarfa dan Kepala BPN pusat terkait kelanjutan pembangunan jalan Tol Bengkulu-Lubuklinggau sejauh 95,8 kilometer.

BACA JUGA:Disperindagkop Mukomuko Dorong UMKM untuk Miliki NIB

Rohidin juga menyebutkan ada beberapa ruas jalan tol yang masuk rencana kerja yang telah disepakati oleh pemerintah pusat.

"Bisa jadi tahun ini 2025 atau 2026 (kelanjutan tol Bengkulu) kemarin sudah disepakati beberapa ruas tol masuk rencana kerja pemerintah pusat," kata dia.

Saat ini pembangunan tol Bengkulu baru selesai jalur tol seksi I, dan dilanjutkan dengan pembangunan area peristirahatan di Tol Bengkulu-Lubuk Linggau seksi I atau tol dari Kota Bengkulu-Taba Penanjung yang panjang ruasnya hanya sekitar 17 kilometer.

BACA JUGA:Bengkulu Mulai Tata Destinasi Wisata Pantai Panjang

Jalur tol seksi I yang telah rampung itu juga sudah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Juli 2023 lalu. Kini yang belum dibangun yakni, jalur tol seksi II Taba Penanjung-Kepahiang dan seksi III Kepahiang-Lubuklinggau.

Sebelumnya, Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan akses ke Provinsi Bengkulu cukup berat bagi sektor jasa transportasi baik orang maupun barang, karena harus melewati gugusan Bukit Barisan.

Pembangunan tol penghubung Bengkulu dan provinsi tetangga, kata dia sangat dibutuhkan ke depannya sebagai upaya mempercepat pertumbuhan Bengkulu menjadi wilayah strategis Sumatera.

Konektivitas tol dengan pelabuhan yang ada di wilayah barat Sumatra, Bengkulu dan Sumatera Barat diklaim sangat penting, karena di pantai timur Sumatra pelabuhannya tidak besar, akibat pelabuhannya berada di sungai atau rawa seperti Sumatera Selatan dan Jambi.

BACA JUGA:Kisah Si Pahit Lidah : Menikahi Bidadari Bungsu ‘Sanggul Bagulung’

Tapi Pelabuhan di wilayah barat, seperti Bengkulu, terhubung langsung ke Samudera Hindia dan tol laut Sumatra. Hal tersebut dimasa mendatang dapat menjadi jalur utama keluar masuk distribusi untuk Pulau Sumatra ketika tol Bengkulu-Lubuklinggau terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: