HONDA

Mengandung Senyawa Bioaktif, Daun Salam Tak Hanya Sekadar Bumbu Dapur, Ini 12 Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengandung Senyawa Bioaktif, Daun Salam Tak Hanya Sekadar Bumbu Dapur, Ini 12 Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengandung Senyawa Bioaktif, Daun Salam Tak Hanya Sekadar Bumbu Dapur, Ini 12 Manfaatnya untuk Kesehatan --Pixabay.com/Pixabay//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Salah satu tanaman yang dikenal sebagai bumbu dapur dan punya manfaat sebagai bahan baku obat tradisional adalah daun salam.

Daun salam bukan hanya sekadar bumbu dapaur saja, melainkan ada 12 manfaatnya untuk kesehatan. Bahkan daun salam mengandung senyawa bioaktif seperti a-terpineol, geranyl acetate dan eugenol.

Senyawa-senyawa tersebut memberikan aroma khas pada makanan, tapi juga mengandung sifat antiseptik, antioksidan dan antikanker. 

BACA JUGA:Panduan Memilih Karpet yang Tepat untuk Ruang Tamu Minimalis Kamu

Daun salam dengan nama latin Laurus nobilis L. telah menjadi bagian kuliner di berbagai belahan dunia sebagai salah satu bahan tambahan penyedap masakan. Ada banyak kandungan nutrisi penting untuk kesehatan pada daun salam. 

Pada setiap daun terdapat vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serat, magnesium dan zat besi. Lantaran kandungan vitamin dan mineral inilah yang menjadi dasar sejumlah manfaat kesehatan dari konsumsi daun salam secara teratur.

Mari simak apa saja manfaat daun salam untuk kesehatan, selama ini sudah banyak dimanfaatkan oleh masyarakat secara tradisional. 

BACA JUGA:Menelusuri Keberagaman Budaya di Sumatera: Ini Dia Suku-suku Asli Pulau Sumatera!

 

1. Mencegah Kanker

Daun salam memberi harapan bagi para penderita kanker. Sebuah studi menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak daun salam akan mengurangi risiko terjadinya kanker payudara dan kanker kolorektal. 

Kok bisa? Ini lantaran antioksidan dalam daun salam yang akan bekerja efektif menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu juga akan memberikan perlindungan ekstra untuk tubuh.

 

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: