HONDA

Deretan Keunikan Chindo Keturunan Chinese di Berbagai Wilayah Indonesia

Deretan Keunikan Chindo Keturunan Chinese di Berbagai Wilayah Indonesia

Keunikan Chindo Keturunan Chinese Di Berbagai Wilayah Indonesia--Instagram/Cettamandarin

Tradisi melempar beras kunyit ini dipernikahan Chindo Padang untuk mengusir roh jahat yang ada, serta tema pernikahan yang berwarna emas dan merah menjadi kebudayaan Chindo Padang.

BACA JUGA:Sudah Jarang Ditemukan! Ini 2 Kesenian Tradisional Suku Serawai Bengkulu yang Terpengaruh Perkembangan Zaman

2. Tionghoa Semarang

Keunikan lainnya dalam pernikahan Chindo Semarang mereka dengan keturunan Chinese yang banyak ditinggali dan salah satu terbesar di Indonesia datang pada abad ke-15.

Dahulunya nenek moyang Chinese tidak memperbolehkan istrinya untuk dibawa ke Indonesia sehingga mereka banyak menikahi warga pribumi.

Kemudian pengaruh budaya tentunya menjadi satu, sehingga di Semarang memiliki karya seni Warak Ngendhog yang merupakan akulturasi budaya Tionghoa, Arab dan Jawa.

Biasanya budaya Warak Ngendhog ini dimainkan pada saat Dugderan saat festival menyambut Ramadhan untuk kemeriahan dan menjadi upaya dakwah.

BACA JUGA:Sudah Jarang Ditemukan! Ini 2 Kesenian Tradisional Suku Serawai Bengkulu yang Terpengaruh Perkembangan Zaman

3.Tionghoa Surabaya

Chindo di Surabaya ini juga terbesar di Indonesia, hampir diantara masyarakatnya merupakan keturunan Chinese, penduduk lokal hidup rukun dan berkembang di Surabaya.

Banyak sekali pengaruh budaya Chinese di Surabaya termasuk pada makanannya, diantaranya Kuliner kue tok, lumpia rebung, cakwe peneleh, sampe Tauwa (kembang tahu).

Chindo Surabaya juga pake bahasa dialek khas yakni pencampuran dari dialek Hokkian dan bahasa Jawa sehingga terkadang bahasa yang mereka keluarkan khas sekali di telinga.

4. Tionghoa di Kalimantan

BACA JUGA:Baca Buku Sekarang! Ini Manfaat Membaca untuk Kesuksesan di Usia Muda

Tionghoa di Kalimantan juga menjadi banyak sekali peradaban yang tinggal disana, dengan kota yang terkenal keturunan chindonya yakni Singkawang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: