HONDA

Cegah Penyakit Wanita yang Masih Haid, Kadar Airnya Bisa Mencapai 86 Persen, Dikenal Sebagai Tahu Jepang

Cegah Penyakit Wanita yang Masih Haid, Kadar Airnya Bisa Mencapai 86 Persen, Dikenal Sebagai Tahu Jepang

Cegah Penyakit Wanita yang Masih Haid, Kadar Airnya Bisa Mencapai 86 Persen, Dikenal Sebagai Tahu Jepang--Feepik.com/ikarahma//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Ada beberapa jenis tahu yang dijual di pasaran, diantaranya ada tahu sutra atau tofu atau ada yang menyebutnya sebagai tahu Jepang yang terbuat dari kacang kedelai. 

Tahu sutra diyakini bisa mencegah penyakit pada wanita yang masih mengalami menstruasi. Secara umum manfaat tahu sama saja. Sebab mengandung protein, asam lemak esensial, serat, kalsium, zat besi dan lainnya.  

Tahu sutra ini memiliki tekstur lebih lembut dibandingkan dengan tahu biasa, juga lebih berair. Sebab kandungan air pada tahu sutra bisa mencapai 86 persen. 

BACA JUGA:Ukir Sejarah! Timnas Indonesia U-23 Melaju ke Semifinal, Usai Hancurkan Raksasa Asia Korea Selatan U-23

Kandungan protein pada tahu sutra cukup tinggi, dalam satu potong tahu sutra terkandung protein 7,8 persen.

Tapi jumlah tersebut lebih rendah dibanding dengan tahu padat. Lalu ada juga kandungan lesitin lebih dari 5,5 persen. 

Biasanya tahu sutra dijual dalam bentuk potongan atau dikemas dalam kemasan plastik. Karena teksturnya yang lembut dan berair biasanya tahu sutra tidak dikemas dalam plastik biasa, beda dengan tahu yang teksturnya lebih padat. 

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Jayawijaya, Papua Pegunungan: Ini Lengkapnya

Makin padat tahu, tentunya kalori dan protein di dalamnya juga lebih banyak. Begitu juga zat lain akan lebih banyak. Tapi bukan berarti tahu sutra tidak sehat. Sebab dibuat dari bahan baku yang sama.

Tekstur tahu sutra sangat lembut dan berwarna sangat pucat. Selain air dan protein, ada juga kandungan lesitin. Yang bisa menurunkan kadar kolesterol darah dan menjaga kesehatan liver dan otak.

Tahu sutra dibuat dari susu kedelai yang dicampur dengan glukono delta-lakton. Pengolahannya untuk menjadi makanan bisa berbentuk gorengan ataupun sup. 

BACA JUGA:Deretan Keunikan Chindo Keturunan Chinese di Berbagai Wilayah Indonesia

Tapi ada juga yang diolah menjadi wedang tahu yang ditambah dengan sirup jahe dari campuran air, gula merah dan jahe. Ada juga olahan sapo tahu dan sushi. 

Walaupun namanya tahu Jepang, tapi sebenarnya tahu sutra lebih banyak dibuat di Tiongkok. Hingga kini dua negara pengekspor tahu sutra adalah Jepang dan Tiongkok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: