BANNER KPU
HONDA

7 Manfaat Singkong sebagai Sumber Energi, Berikut Cara Mengolahnya dengan Benar

7 Manfaat Singkong sebagai Sumber Energi, Berikut Cara Mengolahnya dengan Benar

7 Manfaat Dari Singkong dan Cara Mengolahnya dengan Benar--Instagram.com/ biardyahemisaja

BENGKULU, RAKYATBENGKULUCOM - Manfaat singkong untuk kesehatan sangatlah banyak, singkong adalah salah satu bahan makanan pokok yang banyak memiliki banyak nutrisi.

Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam singkong yaitu seperti karbohidrat, serat, protein, vitamin A, vitamin C, kalium, fosfor, magnesium, kalsium, serta dengan air.

Selain itu, ternyata singkong juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu seperti sumber serat sehat, sangat baik untuk pencernaan, dapat membentuk tubuh langsing dan sehat hingga menguatkan otot.

Nah, untuk memperoleh manfaat-manfaat tersebut, Anda tentu saja harus mengolahnya secara benar.

Demi untuk mengetahui tentang manfaat singkong rebus beserta cara mengolahnya yang benar maka simak ulasan yang telah dirangkum rakyatbengkulu.com berikut ini:

BACA JUGA:Cara Efektif Mengurangi Stres di Tempat Kerja: Tips untuk Kesehatan Mental

BACA JUGA:10 Superfood yang Wajib Ada di Menu Harian Kamu untuk Kesehatan Maksimal

1. Sumber Energi dan Karbohidrat

Singkong kaya akan karbohidrat kompleks yang dapat memberikan energi yang stabil dan tahan lama. Ini membuatnya menjadi pilihan makanan yang baik untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

2. Kandungan Serat

Singkong mengandung serat pangan yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan, serat dapat membantu menjaga kesehatan usus serta dapat mencegah sembelit.


7 Manfaat Singkong sebagai Sumber Energi, Berikut Cara Mengolahnya dengan Benar--Instagram.com/ biardyahemisaja

3. Kandungan Vitamin dan Mineral

Singkong mengandung beberapa vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin B6, folat, dan kalium.

Vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi, vitamin B6 berperan dalam metabolisme energi, folat penting untuk pembentukan sel darah merah, dan kalium membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh.

4. Antioksidan

Singkong mengandung antioksidan seperti beta-karoten dan flavonoid, antioksidan tentu dapat membantu untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel dan juga jaringan.

BACA JUGA:Wajib Diperhatikan! Ini Tantangan dan Tips Kesehatan untuk Shio Kelinci di Tahun Ular Kayu 2025

BACA JUGA:Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental dalam Melawan Penyakit Kritis

5. Gluten-Free

Singkong alami tidak mengandung gluten, sehingga cocok untuk orang-orang yang memiliki sensitivitas atau intoleransi terhadap gluten.

6. Potensi sebagai Pengganti Bahan Pangan

Singkong dapat diolah menjadi berbagai produk makanan seperti tepung singkong, tepung tapioka, atau bahkan bahan baku dalam pembuatan bioplastik.

Ini menunjukkan potensi singkong sebagai sumber pangan alternatif yang berkelanjutan.

7. Fitonutrien

Singkong mengandung fitonutrien seperti saponin, diosgenin, dan flavonoid.

 Fitonutrien ini memiliki berbagai manfaat kesehatan potensial, termasuk kemampuan antiinflamasi dan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Cara Mengolah Singkong dengan Benar

- Mengupas dan Mencuci Singkong

Pertama-tama, kupas singkong dengan pisau atau pengupas. Pastikan untuk mencuci singkong dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau sisa-sisa tanah.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Ini Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari untuk Kesehatan Tubuh dan Pikiran

BACA JUGA:Wow! Ini Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental dan Cara Mudah Memulainya

- Rebus atau Kukus

Singkong bisa direbus atau dikukus untuk mengubahnya menjadi hidangan utama atau bahan olahan lainnya seperti tepung atau tepung tapioka. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Rebus: Potong singkong sesuai selera dan rebus dalam air mendidih sampai lunak. Tambahkan sedikit garam ke air rebusan untuk memberikan rasa. Setelah lunak, tiriskan singkong sebelum digunakan atau diproses lebih lanjut.

2. Kukus: Jika lebih suka mengukus, potong singkong dan kukus sampai lunak. Metode ini bisa menjaga lebih banyak nutrisi karena singkong tidak direndam dalam air.

- Panggang atau Goreng

Setelah direbus atau dikukus, singkong dapat dipanggang atau digoreng untuk membuat camilan atau hidangan yang lebih kaya rasa:

1. Panggang: Potong singkong dan taburkan sedikit minyak atau bumbu sesuai selera. Panggang dalam oven sampai kecokelatan dan renyah.

2. Goreng : Panaskan minyak dalam wajan dan goreng singkong hingga kecokelatan dan matang sempurna. Pastikan untuk mengendalikan suhu minyak agar tidak terlalu panas dan menghasilkan singkong yang terlalu gosong.

BACA JUGA:Kenali Dampak Negatif Kecanduan Judi Online, Terutama Mengganggu Kesehatan Mental

BACA JUGA:Shio yang Harus Berhati-hati dengan Kesehatan di Tahun 2025! Tips dan Trik Menjaga Kesehatanmu

- Olahan Lebih Lanjut

Singkong yang sudah direbus atau dikukus juga dapat diolah lebih lanjut menjadi tepung singkong atau tepung tapioka untuk digunakan dalam pembuatan kue, roti, atau aneka olahan lainnya.

- Penyimpanan

Jika tidak langsung digunakan, singkong dapat disimpan dalam lemari es dalam wadah kedap udara untuk menjaga kesegarannya.

Singkong yang sudah direbus atau dikukus juga bisa dibekukan untuk kemudian diproses lagi.

Dengan Anda mengikuti langkah-langkah tadi, tentunya Anda akan bisa mengolah singkong dengan benar yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi makanan Anda.

Demikianlah tadi penjelasan tantang manfaat dari singkong dan cara mengolah singkong dengan benar, semoga informasi tadi bermanfaat untuk Anda.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: