BANNER KPU
HONDA

Mengenal Jenis-jenis Tantrum pada Anak dan Cara Mengatasinya

Mengenal Jenis-jenis Tantrum pada Anak dan Cara Mengatasinya

Mengenal Jenis-jenis Tantrum pada Anak dan Cara Mengatasinya--Instagram.com/ muslimahparenting.id

Anak-anak juga bisa mengalami tantrum sebagai respons terhadap perasaan cemas atau stres, terutama dalam situasi yang tidak nyaman atau tidak terduga.

Cara Mengatasi Anak yang Sedang Tantrum

- Tetap Tenang dan Sabar

Ini adalah langkah pertama yang penting. Menghadapi anak dengan tenang dan sabar dapat membantu mengurangi intensitas dari tantrum mereka.

- Pahami Penyebab Tantrum

Cobalah untuk memahami apa yang mungkin menjadi pemicu tantrum anak. Mungkin mereka merasa lapar, lelah, frustrasi karena tidak bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan, atau merasa terlalu banyak stimulasi.

BACA JUGA:Ternyata Ini 7 Alasan Anak Suka Berbohong dan Tips Mengatasi Anak yang Suka Berbohong

BACA JUGA:Kenali 8 Faktor Anak Suka Ngambek dan Cara Menghadapinya

- Berikan Dukungan Emosional

Berikan dukungan dan perhatian kepada anak Anda. Dengarkan apa yang mereka katakan (jika mereka sudah cukup besar untuk berbicara) atau berikan kontak fisik seperti memeluk atau mengelus punggung mereka untuk menenangkan.

- Berikan Pilihan

Kadang-kadang, memberikan anak beberapa pilihan dapat membantu mereka merasa lebih berkontrol dan mengurangi frustrasi mereka. Misalnya, tawarkan dua opsi yang dapat diterima oleh Anda, sehingga mereka merasa memiliki pilihan.

- Jangan Memperdebatkan atau Menyalahkan

Hindari berdebat dengan anak atau mencoba menyalahkan mereka atas perilaku mereka. Fokuslah pada membantu mereka melalui masa tantrum dengan tenang.

- Gunakan Afirmasi Positif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: