HONDA

Benarkah Mie Instan Berbahaya? Ini Penjelasan Dokter Tirta

Benarkah Mie Instan Berbahaya? Ini Penjelasan Dokter Tirta

Dokter Tirta Jelaskan mengenai benarkah mie instan berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia--Tiktok/cerita_viral2023

RAKYATBENGKULU.COM - Apakah benar mie instan berbahaya? Dokter Tirta memberikan penjelasan mengenai hal ini, menjelaskan mitos dan fakta seputar bahaya mie instan yang sering dibicarakan.

Dalam video yang diunggah di akun TikTok @cerita_viral 2023, Dokter Tirta menantang klaim bahwa mie instan berbahaya.

"Mie instan sekarang, siapa yang bilang bahwa mie instan itu berbahaya, suruh ngasih jurnal-lah yang mengatakan mie instan itu berbahaya... Tak tantang, bahayanya harus jelas," tegasnya.

Sebagai seorang ahli medis, Dokter Tirta menjelaskan bahwa mie instan memang tidak mengandung nilai gizi yang tinggi, namun bukan berarti langsung berbahaya bagi kesehatan.

BACA JUGA:64 Desa di Kabupaten Gresik Terima Dana Insentif Desa 2024, Ini Daftarnya

BACA JUGA:88 Desa di Kabupaten Lamongan Terima Dana Insentif Desa Tahun 2024, Ini Daftarnya

"Apa bahayanya? Apakah kamu makan mie instan 50 lusin sehari? Bisa kuat makan 10 bungkus gitu? Mie instan itu nggak ada gizinya, nggak ada proteinnya," ujarnya.

Menurutnya, mie instan hanya mengandung karbohidrat yang berasal dari tepung terigu, tanpa adanya serat dan protein yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh.

"Karbohidrat yang dibungkus dengan tepung, dan bumbunya adalah natrium. Jika kamu makan mie instan selama 10 tahun dengan sehari 10 bungkus, iya, tensimu akan naik," jelasnya.

Dokter Tirta juga mengingatkan bahwa persepsi masyarakat terhadap makanan tertentu, termasuk mie instan, sering kali berlebihan tanpa didukung oleh bukti ilmiah yang jelas.

BACA JUGA:60 Desa di Kabupaten Tuban Terima Dana Insentif Desa 2024, Berikut Daftarnya

BACA JUGA:Bahaya! Jaringan Transmisi SUTT PLTU Teluk Sepang Telan Korban dan Kerugian Ekonomi

Ia menambahkan, mie instan sebenarnya dapat menjadi sumber makanan yang lebih baik jika dikombinasikan dengan sayur, telur, atau daging.

"Mie instan kalau dimakan dengan sayur, telur, ataupun daging, ada gizinya. Menggunakan telur rebus, 2 protein, dapat mengurangi dampak dari pengawetnya," ungkapnya.

Kesimpulannya, mie instan tidak berbahaya asalkan dikonsumsi secara wajar dan dikombinasikan dengan bahan makanan lain yang mengandung protein dan serat.

Dokter Tirta menegaskan bahwa mie instan memang tidak memiliki nilai gizi yang tinggi, namun juga tidak perlu dihindari sepenuhnya jika dimakan dengan cara yang tepat.

BACA JUGA:Penting! Ini Penyebab Psoriasis Kulit Kepala, Jangan Samakan dengan Ketombe

BACA JUGA:Tips Menjadi Konten Kreator Bagi Pemula, Ini Skill yang Harus Dimiliki

"Aku jawab, mie instan tidak berbahaya tapi tidak ada gizinya. Apa bedanya mie instan dengan mie yang dijual sama mamang-mamang? Usus nggak bisa milih mana yang harus dia cerna," tambahnya.

Dengan penjelasan ini, Dokter Tirta ingin menghilangkan stigma bahwa mie instan berbahaya bagi kesehatan. Selama dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dan dengan tambahan bahan-bahan bergizi, mie instan bisa tetap menjadi pilihan makanan yang aman.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: