HONDA

Mengantuk di Pagi Hari, Konsumsi Kafein Malam Hari, Kurang Tidur dan Kekurangan Cairan

Mengantuk di Pagi Hari, Konsumsi Kafein Malam Hari, Kurang Tidur dan Kekurangan Cairan

Mengantuk di Pagi Hari, Konsumsi Kafein Malam Hari, Kurang Tidur dan Kekurangan Cairan--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Pagi hari mestinya tubuh kita terbangun dalam keadaan segar dan bugar. Lantaran cukup istirahat dan tidur.

Bila kamu mengalami rasa kantuk berlebih pada pagi hari, perlu dibuat evaluasi kemungkin penyebabnya. 

BACA JUGA:Nikmati 4 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan Tubuh, Cukup Lakukan Selama 30 Menit Sehari

Sebab mengantuk pagi hari berdampak buruk. Sebab dapat menurunkan kemampuan konsentrasi kita. Selain itu juga menurunnya kewaspadaan dan seringkali membuat kita menjadi pelupa. Ini akan mempengaruhi aktivitas dan produktivitas di tempat kerja atau sekolah. 

Meski bukan kelainan, rasa kantuk berlebihan di pagi atau siang hari merupakan kondisi yang tidak boleh dianggap enteng.

BACA JUGA:Baca Doa Ini Sebelum Tidur, Agar Terhindar dari Kejahatan Ciptaan-Nya, Juga Al Fatihah dan Ayat Kursi

Rasa kantuk yang berlebihan bisa jadi tanda ada gangguan seperti sleep apnea, narkolepsi, depresi dan masalah emosional. Berikut beberapa penyebab rasa kantuk yang berlebih di pagi hari.

Pertama kebiasaan tidur yang tidak baik. Seringkali rasa kantuk di pagi hari bisa menjadi pertanda kebiasaan tidur kamu kurang baik.

BACA JUGA:Kata Rasulullah Matikan Lampu Saat Tidur, Bisa Kurangi Risiko Diabetes, Menunjang Kesehatan Reproduksi

Misalnya begadang, tidur tidak teratur atau tidur tidak nyenyak. Akibatnya menghambat istirahat optimal dan menimbulkan perasaan lelah dan mengantuk keesokan harinya.

Kedua banyak tekanan/stres. Terlalu banyak tekanan atau stres dapat menurunkan kualitas dan kuantitas tidur. Kesehatan mental yang buruk ini, secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi kebugaran tubuh kamu di pagi hari.

BACA JUGA:Pola Hidup Sehat Kunci Kualitas Hidup Lebih Baik, Mulailah dengan Olahraga dan Atur Pola Tidur

Ketiga mengkonsumsi kafein di malam hari. Rasa kantuk di pagi hari seringkali bisa disebabkan kebiasaan mengonsumsi kafein seperti teh atau kopi di malam hari. 

Kafein dapat menghambat reseptor adenosin yang mengontrol rasa kantuk. Namun ketika efek kafein hilang, adenosin menumpuk dan kita jadi lelah dan mengantuk di pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: