HONDA

Datangkan 400 Polisi Jika Ancaman Tinggi, Minimal Bayar Rp 81,4 Juta untuk Setor PNBP

Datangkan 400 Polisi Jika Ancaman Tinggi, Minimal Bayar Rp 81,4 Juta untuk Setor PNBP

Datangkan 400 Polisi Jika Ancaman Tinggi, Minimal Bayar Rp 81,4 Juta untuk Setor PNBP --dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Menggelar kegiatan bersifat komersial, dengan meminta pengamanan dari polisi, kini tidak mudah. Harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit, bisa sampai puluhan juta.

Terlebih lagi, jika kegiatan yang akan dilangsungkan hasil analisis polisi, terdapat ancaman tinggi atau zona merah. Jika sampai demikian, setidaknya bisa mengeluarkan biaya hingga Rp81,4 juta.

Angka tersebut hasil simulasi oleh Kementerian Keuangan, jika menggelar kegiatan dengan jumlah massa atau penonton hingga 5.000 orang. Kemudian hasil asesmen menyatakan kegiatan itu masuk zona merah.

BACA JUGA:Terbaru! Minta Pengamanan Polisi Kini Wajib Bayar: Disetor ke Negara, Jadi PNBP Kebutuhan Mendesak

Sebab dengan prediksi penonton berjumlah 5.000 orang, kemudian hasil asesmen kegiatan komersial itu berpotensi ancaman tinggi. Maka harus mendatangkan 400 orang polisi, atau 8% dari jumlah penonton.

Misal kegiatan keramaian komersialnya berlokasi di Jakarta. Maka biaya sampai Rp81,4 juta itu, rinciannya sebagai berikut.

Personel polisi untuk pengamanan sebanyak 400 orang. Biaya yang diperlukan untuk 1 personel polisi untuk tugas 1 hari, sebesar Rp193.200. Jika dijumlahkan, untuk item ini membutuhkan dana hingga Rp77,2 juta.

BACA JUGA:Memulai Perjuangan dari Tugu Proklamasi, Ganjar-Mahfud Komitmen Wujudkan Cita-cita Pendiri Bangsa

Lalu biaya untuk jasa analisis keamanan. Terdiri biaya untuk personel intelijen sebanyak 6 orang, dikalikan 2 hari, dengan hitungan Rp193.200 per orang, maka biayanya sebesar Rp 2,3 juta.

Lalu biaya jasa pembuatan perkiraan keadaan intelijen untuk 1 naskah, biaya yang harus disiapkan Rp1,7 juta lebih. Ditambah pakan 1 ekor satwa untuk 1 hari sejumlah Rp72 ribu.

Maka total biaya yang harus dikeluarkan Rp81,4 juta. Dan biaya ini belum termasuk biaya untuk transportasi personel polisi dari markas ke lokasi kegiatan.

BACA JUGA:WOW! Ternyata Ada Makna Unik Birthstone, 12 Jenis Batu Permata yang Mewakili Setiap Bulan Kelahiran

Biaya sejumlah itu, jika hasil asesmen menunjukkan kegiatan komersial yang akan digelar berpotensi menimbulkan ancaman tinggi. Seperti berpotensi rusuh, atau berpeluang besar terjadi konflik.

Jika hasil asesmen, kegiatan komersial tersebut ancamannya sedang apalagi masuk kategori ancaman rendah, maka biayanya bisa lebih kecil. Karena jumlah personel yang didatangkan lebih sedikit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: