HONDA

Fenomena El Nino juga Terasa di Bengkulu Utara, Berikut Dampaknya dan Langkah DPRD dan Pemda

Fenomena El Nino juga Terasa di Bengkulu Utara, Berikut Dampaknya dan Langkah DPRD dan Pemda

Ketua DPRD Bengkulu Utara Sonti Bakara, SH saat ambil bagian dalam pembahasan terkait penanganan cepat masalah El Nino. --DOK/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM – Fenomena El Nino belakangan sangat dirasakan masyarakat. Pasalnya, El Nino merupakan fenomena yang dirasakan seluruh dunia dimana masa kemarau lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya. 

BACA JUGA:Fenomena El Nino Berpotensi jadi Gorila El Nino, Jika Nyata Ancaman Besar bagi Indonesia

Fenomena El Nino juga terasa di Bengkulu Utara (BU), dimana kekeringan sudah terjadi sekitar lima bulan. Kekeringan yang terjadi di BU ini menyebabkan banyak permasalahan yang dirasakan masyarakat di BU. 

BACA JUGA:BLT El Nino untuk Keluarga Penerima Manfaat November - Desember 2023 Cair Rp400 Ribu, Cek Sekarang!

Berikut ini dampaknya dan langkah Pemda Bengkulu Utara mentatasinya. Diantaranya, adalah kondisi kekurangan air bersih hingga ke desa-desa. 

BACA JUGA:Lahan Kering Akibat El Nino, 361 Hektar Lebih Sawah Gagal Panen

Bukan hanya itu, kekeringan ini juga menyebabkan kondisi pertanian juga bermasalah. Khususnya tanaman pangan di BU menjadi mayoritas gagal panen. 

BACA JUGA:Pelunasan Bipih Mulai Awal Desember 2023, Bisa dengan Virtual Account dan Top Up Saldo

Fenomena el nino, bukan hanya menyebabkan sawah-sawah mengalami kekeringan, namun juga menyebabkan saluran irigasi-irigasi pertanian menjadi kering atau setidaknya tidak bisa memenuhi kebutuhan air di sawah para petani.

BACA JUGA:Debat Capres dan Cawapres, Adu Visi Misi dan Program Harus Lebih Berkualitas !

Hal ini menyebabkan stok tanaman pangan di Bengkulu Utara menjadi berkurang dari biasanya. Sedangkan selama ini Bengkulu Utara bisa memenuhi kebutuhan tanaman pangan terutama beras untuk minimal kebutuhan pangan daerah. 

BACA JUGA:Baliho Mantan Walikota dan Wakil Walikota Masih Bertebaran !, Masih Terpajang di Beberapa OPD dan Instansi

Sehingga dampak El Nino ini membuat kenaikan harga pangan, terutama beras karena stok beras di daerah sedikit. Stok beras yang sedikit ini membuat stok beras di Bengkulu Utara dipenuhi oleh beras yang berasal dari luar daerah dengan harga tinggi. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Serum untuk Kulit Berjerawat dan Sensitif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: