HONDA

Rilekskan Otot Pasca Melahirkan dengan Rendaman Daun Sungkai, Ini 8 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan Tubuh

Rilekskan Otot Pasca Melahirkan dengan Rendaman Daun Sungkai, Ini 8 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan Tubuh

Rilekskan Otot Pasca Melahirkan dengan Rendaman Daun Sungkai, Ini 8 Manfaat Lainnya untuk Kesehatan Tubuh--Foto: Instagram//batanggaringherbal

BACA JUGA:11 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Ketahui Juga Kandungan dan Cara Konsumsinya yang Benar

2. Meningkatkan Kesuburan 

Tanaman ini bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pasangan suami-istri. Daun sungkai ini gunanya melancarkan menstruasi pada wanita dengan cara merebus 3 hingga 5 lembar daun sungkai yang sudah dicuci bersih.

Kemudian direbus dengan 2 gelas air. Dan diminum 2 kali dalam 1 hari. Tanaman ini disebut jati sabrang biasanya dijadikan untuk kesuburan pada zaman dahulu meskipun belum ada penelitian yang resmi tentang keakuratan khasiatnya.

3. Melawan Peradangan 

BACA JUGA:11 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Ketahui Juga Kandungan dan Cara Konsumsinya yang Benar

Daun sungkai berdasarkan penelitian, memiliki kandungan ekstrak etanol, yang memiliki efek anti inflamasi. Kandungan tersebut berguna dalam melawan peradangan di tubuh, bisa menghambat peradangan hingga 87,78 persen. 

Manfaat daun sungkai untuk kesehatan ini memang masih kurang dibandingkan dengan obat pereda nyeri pada umumnya. Khasiat dari daun sungkai dapat dikatakan masih belum terlalu efektif dalam melawan peradangan.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh 

Menurut Ariefa Primair Yani dalam penelitiannya, setelah mengonsumsi daun sungkai jumlah sel darah putih bisa meningkat. Sel darah putih berguna untuk melawan infeksi. 

BACA JUGA:Cukup Minum Air Rebusan Daun Tanaman Binahong, Ampuh Atasi 5 Penyakit Ini

Hal ini berkat peranan senyawa aktif seperti sitosterol, peronemin, isopranol, diterpenoid, phytol hingga flavonoid yang terkandung untuk menjaga daya tahan imunitas tubuh. 

Sehingga, senyawa antioksidan tersebut dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh atau kekebalan terhadap virus.

5. Obat Demam 

Manfaat lainnya daun sungkai untuk kesehatan sebagai obat demam. Di daerah Palembang daun sungkai muda biasanya digunakan untuk penurun panas atau obat demam. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: