HONDA

Jangan Buang Cangkang Telur! Bisa Dijadikan Pupuk Alami Kaya Manfaat untuk Tanaman

Jangan Buang Cangkang Telur! Bisa Dijadikan Pupuk Alami Kaya Manfaat untuk Tanaman

Jangan Buang Cangkang Telur! Bisa Dijadikan Pupuk Alami Kaya Manfaat untuk Tanaman --freepik.com/freepik/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Dalam dunia pertanian organik, cangkang telur sering kali dianggap sebagai limbah yang kurang bernilai. 

Namun, tahukah Anda bahwa cangkang telur sebenarnya dapat diubah menjadi pupuk alami yang kaya akan nutrisi dan mafaat untuk tanaman anda.

Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran akan keberlanjutan dan pengelolaan limbah, banyak orang mulai mencari cara kreatif untuk memanfaatkan limbah dapur. 

BACA JUGA:Bukan Cuma Memilih Bibit Unggul, Inilah 6 Tips Beternak Ayam Petelur Agar Menghasilkan dan Menguntungkan

Salah satu bahan yang sering diabaikan adalah cangkang telur. Siapa sangka, cangkang telur yang biasanya kita buang tanpa berpikir dua kali, sebenarnya memiliki potensi besar sebagai pupuk alami yang efektif.

Pertama-tama, mari kita bahas mengenai limbah cangkang telur. Cangkang telur sebenarnya terdiri dari kalsium karbonat, mineral yang bermanfaat bagi tanaman. 

Ketika kita mengonsumsi telur, cangkangnya sering kali hanya dianggap sebagai limbah dan dibuang begitu saja. Padahal, cangkang telur ini dapat menjadi sumber daya yang berharga.

BACA JUGA:Putih Telur, Mampu Redakan Nyeri Gigitan Kelabang, Berikut 4 Cara juga Ampuh dan Lazim !

Bahan yang kerap kita anggap limbah yang mengaggu ini nyatanya bisa dijadikan pupuk alami yang kaya akan kalsium. 

Kalsium merupakan nutrisi esensial bagi tanaman, membantu perkembangan akar, pembentukan dinding sel, dan pertumbuhan yang sehat. 

Mengapa membeli pupuk kalsium di toko jika kita bisa menggunakan cangkang telur yang ada di dapur?

BACA JUGA:Diet Telur Rebus, Konsumsi Tinggi Protein dan Rendah Kalori, Bisa Ditambah Sayur dan Susu

Prosesnya pun cukup sederhana. Pertama, kumpulkan cangkang telur yang sudah Anda gunakan. Bersihkan sisa-sisa putih telur yang masih menempel pada cangkang. 

Setelah itu, jemur cangkang tersebut hingga benar-benar kering.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: