HONDA

Langka! Fenomena Warna 2 Bola Mata Berbeda, Ini Ternyata Faktor Penyebabnya

Langka! Fenomena Warna 2 Bola Mata Berbeda, Ini Ternyata Faktor Penyebabnya

Ini ternyata faktor penyebab terjadinya fenomena langka warna 2 bola mata berbeda.--Foto: Youtube.com/Seratusinstitute

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Warna mata manusia mempunyai warna bola mata yang sama, seperti cokelat atau biru, tetapi ada beberapa orang terlahir dengan keunikan tersendiri.

Seperti pada kedua buah bola matanya mempunyai warna yang berbeda, bukan karena memakai lensa kontak dan juga bukan hasil editan foto, dimana fenomena ini terjadi secara alami. 

Pada dunia kesehatan, istilah ini dikenal dengan nama Heterochromia Iridium. Yang mana kondisi seseorang mempunyai dua bola mata yang berbeda dan hal ini sangat jarang terjadi. 

Adapun Kelainan ini  terjadi pada 11 dari setiap 1.000 orang, dan fenomena ini sering terjadi disebabkan oleh beberapa faktor.

BACA JUGA:6 Warna Bola Mata Ini Punya Rahasia Tersembunyi, Bisa Gambarkan Kepribadian Dasar Manusia

Heterochromia Iridium merupakan kelainan yang terjadi pada bola mata, dimana orang yang mengidap kelainan penyakit ini akan memiliki warna mata yang berbeda antara satu dengan yang lainnya.

Adapun warna bola mata manusia ini ditentukan oleh bagian mata yang bernama iris, untuk warna iris mata pada umumnya tidak semua sama, ada yang cokelat, biru, hijau, dan hitam. 

Dimana warna ini dipengaruhi dari jumlah melanin di epitelium pigmen yang terletak di bagian belakang iris, dimana jumlah melanin pada stroma atau lapisan iris, dan kepadatan sel di stroma.

Untuk orang yang memiliki warna rambut dan kulit yang lebih gelap dikarenakan mempunyai lebih banyak melanin sehingga mata mereka berwarna cokelat.

BACA JUGA:Warna Bola Mata Gambarkan Kesehatan Seseorang, Bola Mata Hijau Rentan Terkena Kanker

Sementara orang dengan warna rambut dan kulit yang lebih pucat mempunyai jumlah melanin yang lebih sedikit sehingga mata mereka biasanya berwarna lebih terang. 

Ketika seseorang mempunyai jumlah melanin yang berbeda di setiap iris mata mereka maka warna matanya pun akan berbeda, pada kondisi inilah yang disebut dengan Heterochromia Iridium. 

Heterochromia Iridium merupakan istilah yang berasal dari bahasa Yunani memiliki arti iris mata yang memiliki warna berbeda.

Diketahui Heterochromia Iridium kondisi yang jarang dialami oleh manusia, tetapi sering terjadi pada beberapa binatang seperti kuda, kucing, dan beberapa spesies anjing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: