HONDA

Saat Lelap Tidur, Rumah Petani di Rejang Lebong Ludes Terbakar

Saat Lelap Tidur, Rumah Petani di Rejang Lebong Ludes Terbakar

Rumah petani di Rejang Lebong ludes terbakar saat lelap tidur.--Badri/rakyatbengkulu.com

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Satu unit rumah semi permanen ukuran 5 x 7 Meter milik Kasri (35), warga Dusun IV Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu Ludes terbakar Rabu, 13 Desember 2023 sekira 01.15 WIB.

Hermanto (38), warga Desa IV Suku Menanti Kecamatan Sindang Dataran menuturkan, peristiwa kebakaran terjadi dini hari disaat warga sedang lelap tidur sehingga api begitu cepat membakar bangunan semi permanen tanpa tersisa.

"Api begitu cepat membakar dinding papan dan bambu sehingga warga, Babinsa dan Babinkamtibmas yang membantu memadamkan api kewalahan hingga akhirnya api tidak terkendalikan membakar ludes rumah warga," ujar Hermanto. 

Disebutkan Hermanto, setelah mendengar adanya laporan kebakaran warga juga langsung memberitahukan ke pihak desa dan pemerintah Kecamatan Sindang Dataran.

BACA JUGA:Hingga November 2023, Ada 51 Peristiwa Kebakaran di Rejang Lebong dengan Kerugian Miliaran Rupiah

"Belajar pengalaman ini, warga masyarakat akan mengusulkan mobil pemadam kebakaran yang ditempatkan di Kantor Camat Sindang Dataran karena jika menunggu dari Kota Curup rentang waktu sudah mencapai 2 jam," papar Hermanto.

Camat Sindang Dataran, Anton Seprizal, S.Stp saat dihubungi rakyatbengkulu.com, Rabu, 13 Desember 2023 membenarkan peristiwa kebakaran tersebut.

Menurutnya, warga sudah berusaha membantu namun kewalahan karena api begitu cepat membakar rumah semi permanen.

"Pagi ini pemiliki rumah dibantu warga membersihkan puing-puing kebakaran. Dugaan sementara korsleting listrik," katanya.

BACA JUGA:Kebakaran Hebat, 1 Unit Rumah Warga di Desa Pekik Nyaring Pondok Kelapa Ludes Terbakar !

"Peristiwa kebakaran ini sudah kita laporkan ke Pemadam Kebakaran dan Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong," ujar Anton Seprizal. 

Dikatakan Anton, bahwa pihaknya telah mengusulkan ke Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong agar menempatkan 1 unit mobil pemadam kebakaran bersama personel di Kecamatan Sindang Dataran.

Namun sayangnya saat ini usulan tersebut masih terkendala dengan belum adanya garasi untuk penempatan mobil Damkar.

"Pihak Damkar Rejang Lebong sudah memenuhi akan menempatkan 1 unit mobil Damkar untuk tiga kecamatan, yakni Sindang Dataran, Sindang Kelingi dan Binduriang namun kendalanya adalah lokasi tempat garasinya belum ada," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: