HONDA

Warga Sindang Kelingi Rejang Lebong Kini Bisa Berobat Gratis, Cukup Bawa KTP atau KK

Warga Sindang Kelingi Rejang Lebong Kini Bisa Berobat Gratis, Cukup Bawa KTP atau KK

Cukup bawa KTP atau KK, warga Sindang Kelingi Rejang Lebong kini bisa berobat gratis. --Badri/rakyatbengkulu.com

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Kabar baik. Warga Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong kini bisa berobat gratis, cukup dengan bawa KTP atau KK. 

Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Beringin Tiga Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu kini melayani masyarakat berobat secara gratis.

Puskesmas Beringin Tiga sendiri membawahi lima desa dan 1 kelurahan yakni Desa Cahaya Negeri, Tanjung Aur, Desa Blitar Muka, Desa Blitar Seberang, Desa Pelalo dan Kelurahan Beringin Tiga. 

Masyarakat dapat berobat gratis meskipun belum memiliki kartu kesehatan baik peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan secara mandiri maupun JKN-KIS.

BACA JUGA:Tidak Membayar BPJS Kesehatan Selama 1 Tahun atau Lebih, Apakah Masih Berlaku untuk Berobat?

Termasuk, Jamkesda karena Kabupaten Rejang Lebong telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan dengan hampir 98 persen penduduk tercakup dalam program jaminan kesehatan nasional - Kartu Indonesia Sehat (KIS). 

Kepala UPT Puskesmas Beringin Tiga, Juliansyah, S.Kep saat dijumpai rakyatbengkulu.com, Rabu, 20 Desember 2023 membenarkan bahwa layanan pengobatan secara gratis telah dilakukan seiring dengan tercapainya UHC di Kabupaten Rejang Lebong.

"Jadi masyarakat cukup membawa E-KTP atau kartu keluarga saja untuk mendapat layanan kesehatan di Puskesmas Beringin Tiga dan jika pasien perlu dirujuk serta belum terdaftar akan dibantu kepengurusannya baik dari Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Rejang Lebong," ungkap Juliansyah. 


Unit Pelaksana Teknis Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Beringin Tiga Kecamatan Sindang Kelingi Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu kini melayani masyarakat berobat secara gratis.--Badri/rakyatbengkulu.com

BACA JUGA:Tak Punya BPJS, Bawa Saja KTP, Bisa Berobat Gratis

Disebutkan Juliansyah, program nasional yang menjadi skala prioritas dan peningkatan pelayanan prima terus diwujudkan.

Seperti tahun 2024 mendatang akan digelar reakreditasi kembali demi tercapainya visi untuk ke depannya nanti dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan masyarakat menjadi lebih maksimal dan lebih baik lagi.

"Dari lima desa dan satu kelurahan dengan jangkauan 12.876 jiwa serta 80 persen masyarakat sudah tercover," papar Juliansyah.

Sedangkan layanan kesehatan sendiri ada layanan kesehatan di dalam gedung dan luar gedung Puskesmas berupa Posyandu Balita, Posyandu Remaja dan Posyandu Lansia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: