HONDA

Terkenal Sebagai Obat Tradisional, Manfaat Buah Takokak Ampuh Obati Asam Urat Hingga Stroke

Terkenal Sebagai Obat Tradisional, Manfaat Buah Takokak Ampuh Obati Asam Urat Hingga Stroke

Terkenal Sebagai Obat Tradisional, Manfaat Buah Takokak Ampuh Obati Asam Urat Hingga Stroke--Foto: Freepik.com/Freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Banyak orang yang belum mengetahui manfaat dari buah takokak untuk kesehatan. Padahal, dengan rutin mengonsumsi buah ini akan memberikan berbagai manfaat bagi tubuh.

Secara turun temurun, manfaat buah takokak terkenal sebagai obat tradisional. Memang tidak heran jika anak muda saat ini banyak yang tidak mengetahui buah ini.

Apalagi bagi masyarakat kota, buah takokak ini tidak mudah ditemukan. Karena takokak merupakan sejenis tanaman liar. Biasanya warga membudidayakan buah ini di halaman belakang rumah mereka.

Takokak tumbuh hampir di seluruh wilayah Indonesia namun dengan berbagai nama yang berbeda. Sekilas buah takokak ini memiliki bentuk yang hampir sama seperti leunca, tetapi tidak sepopuler leunca.

BACA JUGA:Buah Buni Bisa Mencegah Keriput, Turunkan Tekanan Darah, Cegah Serangan Jantung

Perbedaan takokak dan leunca ada pada buahnya. Pohon takokak memiliki kulit yang lebih tebal dengan daun yang besar dan kasar berduri di bagian batangnya.

Rasa buah takokak pun getir, berbeda dengan leunca yang pahit agak manis. Meskipun terkenal sebagai tanaman liar, buah ini memiliki banyak manfaat.

Di dalam buah ini terdapat kandungan antioksidan tinggi yang baik untuk imunitas tubuh. Selain itu, takokak juga mengandung karbohidrat, protein, dan tinggi serat. 

Kandungan tersebutlah yang kemudian membuat buah takokak bermanfaat bagi kesehatan. 

BACA JUGA:Kaya akan Vitamin C dan Antioksidan, Buah Namnam Perkuat Kekebalan Tahan Tubuh, Bisa Melindungi Kulit

Melansir dari berbagai sumber, buah ini bisa menjadi obat tradisional berbagai penyakit, diantaranya:

1. Takokak mengandung zat kimia chlorogenin, torvogenin, solasodin, panicolugenindan, neochlorogenine, sisalogenone, jurubine, serta vitamin A yang baik untuk mengobati penyakit asam urat.

2. Kandungan flavonoid, toroida, alkaloid, glikosida, tanin, dan lainnya di dalam takokak berperan untuk melindungi tubuh dari ancaman kardiovaskular dan stroke.

3. Buah takokak bisa membantu pengobatan diabetes, yaitu kondisi permanen yang membuat kadar gula di dalam darah sangat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: