HONDA

Siapkan Anggaran Rp2,1 Miliar, Tahun Ini 75 Masjid dan Mushola Diperbaiki

Siapkan Anggaran Rp2,1 Miliar, Tahun Ini 75 Masjid dan Mushola Diperbaiki

Siapkan Anggaran Rp2,1 Miliar, Tahun Ini 75 Masjid dan Mushola Diperbaiki--Badri/RB

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Tahun ini Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong menyiapkan anggaran sebesar Rp2,1 miliar untuk program bantuan rumah ibadah yang diperuntukan untuk memperbaiki 75 masjid dan mushola.

Anggaran ini lebih kecil jika dibandingan dengan anggaran program rumah ibadah pada tahun 2023 lalu, yakni sebesar Rp3 miliar untuk 80 masjid dan mushola.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Rejang Lebong, Herwin Wijaya Kusuma menuturkan anggaran bantuan masjid dan mushola di Kabupaten Rejang Lebong ini sudah disiapkan dalam APBD Kabupaten Rejang Lebong Tahun 2024.

"Memang ada penurunan jika dibandingkan tahun 2023 lalu. Besaran anggaran bantuan untuk rumah ibadah ini mengalami pengurangan dari tahun sebelumnya lebih dari Rp3 miliar yang diperuntukkan 80 masjid atau mushola," ungkap Herwin, Selasa 16 Januari 2024.

BACA JUGA:Jika Ingin Beribadah Harus ke Negara Tetangga, 6 Negara Ini Tidak Mempunyai Masjid

Disebutkan Herwin, selain pengurangan jumlah anggaran dalam program bantuan ini, juga terjadi pengurangan jumlah masjid atau mushola yang akan menerimanya, yakni 75 masjid atau mushola.

"Jadi Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong tetap konsisten menyiapkan program bantuan masjid dan mushola. Apalagi, pada 2024 juga bersamaan dengan pemilu yang membutuhkan anggaran cukup besar," terangnya.

Sementara itu, masjid atau mushola yang akan mendapat bantuan dana hibah dari Pemkab Rejang Lebong tersebut terlebih dahulu dilakukan survei, dimana calon penerima bantuan ini sudah mengajukan proposal sejak tahun 2023.

"Jadi bagi masjid atau mushola yang belum dapat pada tahun 2023 lalu akan dapat di tahun ini. Terkait dengan penyaluran bantuan rumah ibadah pada 2024, saat ini masih penetapan surat keputusan bupati setempat terutama tentang masjid dan mushola mana saja yang akan mendapatkan bantuan," ujar Herwin.

BACA JUGA:Nekat Curi Kotak Amal Masjid Berujung Ketahuan Warga, Ternyata Sudah Beraksi di 4 TKP

Sedangkan untuk bantuan yang diberikan Pemkab Rejang Lebong itu untuk pembangunan rumah ibadah baru, rehab, dan penambahan sarana serta prasarana pendukung. Seperti pengadaan sajadah dan ambal sesuai dengan kebutuhan masjid dan mushola masing-masing.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: