BANNER KPU
HONDA

Sakit Kepala Migrain atau Vertigo? Ketahui Perbedaannya Agar Tidak Salah Penanganan

Sakit Kepala Migrain atau Vertigo? Ketahui Perbedaannya Agar Tidak Salah Penanganan

Ketahui perbedaan sakit kepala migrain atau vertigo agar tidak salah penanganan. --Foto: Freepik.com/ freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Dalam dunia medis, rasa sakit atau nyeri pada kepala disebut dengan istilah cephalgia, yaitu kondisi dimana adanya rasa sakit di dalam kepala.

Namun, sebenarnya rasa sakit juga dapat berasal dari area belakang leher atau punggung bagian atas. Secara umum, sakit kepala dibagi menjadi dua, yaitu sakit kepala primer dan sekunder.

Sakit kepala primer adalah rasa nyeri pada kepala yang muncul karena respons terhadap stres (baik fisik maupun psikis) yang tidak didasari oleh penyakit lain yang jadi penyebab. Salah satu jenis sakit kepala primer adalah migrain.

Sementara itu, sakit kepala sekunder adalah rasa nyeri pada kepala yang dibarengi dengan gejala gangguan saraf, seperti kelelahan pada salah satu alat gerak, mata juling, penglihatan ganda, dan kejang-kejang.

BACA JUGA:Hubungan Antara Kurang Tidur dan Sakit Kepala Sebelah, Ini yang Perlu Diketahui

Sakit kepala sekunder disebabkan oleh adanya kelainan patologis pada otak. Kelainan tersebut bisa berupa hipertensi berat, infeksi otak, tumor otak, stroke, sumbatan pada arteri (trombosis), atau kelainan pembuluh darah otak seperti aneurisma dan artiriovenous malformation. Jenis nyeri kepala sekunder yakni vertigo.

Migrain dan vertigo adalah rasa sakit yang mengganggu pada kepala yang sering terjadi. Banyak yang mengira keduanya sama, bahkan salah memahami kondisinya karena gejalanya yang hampir serupa.

Lantas, apa perbendaan antara vertigo dan migrain? Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan berikut ini yang telah dirangkum rakyatbengkulu.com dari berbagai sumber.

BACA JUGA:Sakit Kepala Setelah Makan Daging Merah? Ternyata, Ini Bisa Jadi Penyebabnya


Migrain dan vertigo adalah rasa sakit yang mengganggu pada kepala yang sering terjadi. --Foto: Freepik.com/ freepik

Mengenal perbedaan migrain dan vertigo

Tahukah Anda jika mengetahui perbedaan antara migrain dengan vertigo itu adalah hal penting?

Pertama kondisi ini sangat umum terjadi. Kedua, dengan tahu perbedaannya, dapat membantu untuk mengetahui penyebab yang mendasarinya. 

Vertigo dan migrain adalah dua jenis sakit kepala yang berbeda dan cara mengatasinya pun berbeda pula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: